ISI Denpasar | Institutional Repository

Pembelajaran Tari Kreasi Satyam Eva Jayate Pada Ekstrakurikuler di SMK Negeri 1 Gianyar

Pande Putu, Yogi Arista Pratama and Ni Wayan, Mudiasih and Ni Wayan, Iriani (2019) Pembelajaran Tari Kreasi Satyam Eva Jayate Pada Ekstrakurikuler di SMK Negeri 1 Gianyar. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.

Full text not available from this repository.

Abstract

Menarikan tarian Satyam Eva Jayate. Tahap penampilan (performance). Pada tahap ini dapat diketahui kemampuan yang telah dilakukan oleh siswa dapat terukur dengan bobot nilai. Tahap penampilan diberikan untuk memantapkan kemampuan siswa dalam menguasai tari yang sudah diberikan. Faktor pendukung serta penghambat yang ditemukan dalam pembelajaran tari Satyam Eva Jayate ada dua yaitu berupa faktor internal dalam diri siswa, seperti tingkat kecerdasanSMK Negeri 1 Gianyar merupakan sekolah yang sampai saat ini masih tetap melestararikan serta mengembangkan seni pertunjukan khususnya seni tari. Sekolah tersebut mempunyai tari kebesaran atau tari maskot yaitu tari Satyam Eva Jayate. Tari Satyam Eva Jayate bersumber/diangkat dari kitab Mundaka Upanisad. Tarian ini didekasikan sebagai maskot kebesaran dan kehormatan sekolah SMK Negeri 1 Gianyar. Dari filosofi luhur tersebut tercetus sebuah harapan bahwa tarian ini mampu meningkatkan prestasi/kejayaan untuk SMK Negeri 1 Gianyar. Rumusan masalah ini membahas tentang proses pembe-lajaran, karakteristik, faktor pendukung dan faktor penghambatnya.Kajian sumber yang digunakan menggunakan beberapa buku dan artikel. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori pembelajaran dan teori estetika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan tahapan penelitian yang dilalui, yaitu rancangan penelitian, lokasi penelitian, jenis dan sumber data, instrumen penelitian. Dalam teknik pengumpulan data digunakan metode observasi, interview, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Selanjutnya dilakukan analisis data dan laporan penelitian ini disajikan dalam bentuk skripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, proses pembelajaran telah dilakukan melalui empat tahap, yaitu tahap persiapan, penyampaian, latihan dan penampilan. Tahap persiapan guru mempersiapkan semuanya dari mulai absensi mengecek kehadiran, menyiapkan media pembelajaran dan menyampaikan materi pembelajaran. Tahap pe-nyampaian dilakukan guru melalui tiga tahap yaitu kegiatan awal 15 menit, kegiatan inti 90 menit, dan kegiatan akhir 15 menit. Selanjutnya tahap latihan diawali dengan doa bersama, kemudian melakukan pemanasan, sikap, bakat serta minat, dan faktor eksternal meliputi guru serta sarana ataupun prasarana.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Performing Arts Faculty > Theatre Dance and Music
Depositing User: Jaya Semadi I Gst Ngurah
Date Deposited: 11 Jun 2019 05:52
Last Modified: 13 Jun 2019 01:51
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/3210

Actions (login required)

View Item View Item