ISI Denpasar | Institutional Repository

Kajian Bentuk dan Nilai Budaya Permainan Rakyat Bali di Kabupaten Badung

Ni Luh, Sustiawati (2012) Kajian Bentuk dan Nilai Budaya Permainan Rakyat Bali di Kabupaten Badung. MUDRA Jurnal Seni Budaya, 27 (01). pp. 22-30. ISSN 0854-3461

[img] PDF (Kajian Bentuk dan Nilai Budaya Permainan Rakyat Bali di Kabupaten Badung)
Download (4MB)

Abstract

Permainan rakyat adalah salah satu bentuk dan folklore, karena disebarluaskan melalui tradisi lisan. Berbicara masalah permainan, kita selalu terkait dengan anak-anak. Permainan dan anak merupakan dua dunia yang tidak dapat dipisahkan. Permainan merupakan sesuatu yang menyenangkan, hampir sepanjang waktu kehidupannya anak selalu dalam kondisi bermain. Berdasarkan perbedaan sifat permainan, maka permainan rakyat dapat dibagi menjadi dua golongan besar, yaitu permainan untuk bermain dan permainan untuk bertanding. Penelitian ini bertujuan mengkaji bentuk dan nilai budaya permainan rakyat (permainan anak-anak) berpendekatan kualitatif dengan rancangan stud! kasus di Kabupaten Badung-Bali, dengan mengambil 12 desa/kelurahan dari 6 (enam) Kecamatan. Jenis permainan rakyat (permainan anak-anak) yang dikaji, diantaranya: Poh-Pohan (Memetik Mangga), Mecingklak, Meong-Meongan, Mencar, Main Ki, Jaran Teji, Makering-Keringan, Macepatan Nengkleng, Matembing, Metajog, Lelipi Ngalth Ikuh dan Mepiyak-piyakan. Permainan ini umumnya dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu tahap pertama melakukan persiapan, tahap kedua pelaksanaan dan tahap ketiga konsekuensi kalah mehang sesuai kesepakatan pemain. Sedangkan nllai-nilai budaya yang terkandung dalam permainan anak-anak tersebut, seperti: nilai kebersamaan dan kesetiaan, kejujuran, estetika dan kreativitas, disiplin, serta nilai hiburan dan olah raga

Item Type: Article
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Publication Unit > Journal > Mudra Journal
Depositing User: Jaya Semadi I Gst Ngurah
Date Deposited: 08 May 2020 04:08
Last Modified: 08 May 2020 04:08
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/3667

Actions (login required)

View Item View Item