I Made, Prayana and NI Wayan, Mudiasih and Ni Wayan, Iriani (2021) PEMBELAJARAN TARI JAUK KERAS GAYA I NYOMAN CERITA PADA EKSTRAKURIKULER DI SMP N 1 BLAHBATUH GIANYAR. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.
PDF (PEMBELAJARAN TARI JAUK KERAS GAYA I NYOMAN CERITA PADA EKSTRAKURIKULER DI SMP N 1 BLAHBATUH GIANYAR)
Download (431kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Pembelajaran Tari Jauk Keras Gaya I Nyoman Cerita pada Ekstrakurikuler di SMP N 1 Blahbatuh Gianyar. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang karakteristik tari Jauk Keras Gaya I Nyoman Cerita, proses pembelajaran tari Jauk Keras pada ekstrakurikuler SMP N 1 Blahbatuh, serta faktorfaktor yang mempengaruhi proses pembelajaran tari Jauk Keras Gaya I Nyoman Cerita. Hasil penelitian ini bermanfaat sebagai referensi bagi pembaca atau peneliti dalam ilmu pengetahuan guna menambah pemahaman tentang seni tari dan proses pembelajarannya dalam sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan 3 (tiga) aspek pembahasan yakni: karakteristik gerak, proses pembelajaran, dan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran. Dalam teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi (pengamatan), interview (wawancara), dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori tari Bali, teori pembelajaran, teori estetika, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran Sumber data penelitian ini diperoleh dari data di lapangan berupa data primer dan data sekunder dari buku-buku atau studi kepustakaan lainnya. Tari Jauk Keras gaya I Nyoman Cerita memiliki ciri khas tersendiri yang terlihat dari beberapa karakteristik geraknya yaitu: agem dasar, tayog ngambul, tayog sengkok, tayog ngirig, tayog nyogroh, tayog nyabit, angsel kado, kipek nongol, ngenjet/ ngabah/ ngigelan kumis. Proses pembelajaran tari Jauk Keras Gaya I Nyoman Cerita menggunakan 4 (empat) tahap yaitu: tahap persiapan (preparation), tahap penyampaian (presentation), tahap latihan (practice), dan tahap penampilan (performance). Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pembelajaran tari Jauk Keras gaya I Nyoman Cerita ada dua yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung meliputi faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern antara lain: faktor fisiologis dan psikologis, sedangkan faktor eksternal antara laian faktor guru dan dukungan orang tua. Faktor penghambat proses pembelajaran tari Jauk Keras Gaya I Nyoman Cerita yaitu ada dua faktor intern dan ekstern. Faktor intern antara lain faktor siswa, sedangkan faktor ekstern antara lain faktor masyarakat dan cuaca/alam. Kata Kunci: Tari Jauk Keras Gaya I Nyoman Cerita, Karakteristik Gerak, Proses Pembelajaran, dan Faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran
Item Type: | Monograph (Working Paper) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Faculty > Performing Arts Faculty > Theatre Dance and Music |
Depositing User: | Jayasemadi |
Date Deposited: | 29 Jun 2021 03:34 |
Last Modified: | 29 Jun 2021 03:34 |
URI: | http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/4233 |
Actions (login required)
View Item |