Ni Luh, Sri Darmayanti and Ni Wayan, Suratni and Ni Made, Haryati (2021) PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR BERMAIN TEATER GERAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DAN QUANTUM LEARNING DI SANGGAR SENI SEMARA ART DESA CEMAGI, KECAMATAN MENGWI, KABUPATEN BADUNG. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.
PDF (PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR BERMAIN TEATER GERAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DAN QUANTUM LEARNING DI SANGGAR SENI SEMARA ART DESA CEMAGI, KECAMATAN MENGWI, KABUPATEN BADUNG)
Download (282kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang proses pembelajaran teknik dasar bermain teater gerak melalui model pembelajaran Quantum Teaching dan Quantum Learning di Sanggar Seni Semara art, Desa cemagi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Teater gerak merupakan pertunjukan teater yang unsur utamanya adalah gerak dan ekspresi wajah serta tubuh pemainnya. Kajian penelitian ini mengenai proses pembelajaran, hasil pembelajaran dan faktor penghambat, serta faktor pendukung pembelajaran teknik dasar bermain teater gerak tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pembelajaran, hasil pembelajaran dan faktor penghambat, serta faktor pendukung pembelajaran melalui model pembelajaran Quantum Teaching dan Quantum Learning di Sanggar Seni Semara Art, Desa cemagi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Kajian tentang proses pembelajaran proses pembelajaran teknik dasar bermain teater gerak melalui model pembelajaran Quantum Teaching dan Quantum Learning ini menggunakan empat teori: teori belajar dan pembelajaran, teori hasil belajar, teori faktorfaktor yang mempengaruhi belajar serta teori estetika. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan kualiatif. Untuk pengumpulan data dengan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi, dan metode studi kepustakaan, serta menggunakan metode analisis data secara analisis deskriptif. Hasil penelitian ini bahwa proses pembelajaran ini berlangsung dalam beberapa tahap meliputi, persiapan (preparation), penyampaian (presentation), pelatihan (practice), dan penampilan hasil (performance). Hasil belajar peserta didik dinilai melalui 3 aspek yaitu kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), serta psikomotorik (keterampilan). Dalam proses belajar mengajar pada proses pembelajaran ini, terdapat pula beberapa faktor yang menghambat dan mendukung yaitu, faktor internal dan faktor eksternal. Kata Kunci: pembelajaran, teknik dasar, teater gerak,, hasil pembelajaran, faktor penghambat, pendukung
Item Type: | Monograph (Working Paper) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Faculty > Performing Arts Faculty > Theatre Dance and Music |
Depositing User: | Jayasemadi |
Date Deposited: | 29 Jun 2021 04:04 |
Last Modified: | 29 Jun 2021 04:04 |
URI: | http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/4235 |
Actions (login required)
View Item |