ISI Denpasar | Institutional Repository

STUDI TENTANG PROSES PEMBELAJARAN TARI PRESEAN DI SANGGAR TARI DEWI SARASWATI KOTA MATARAM

Desak Made, Parwati and Rinto, Widyarto and NI Wayan, Mudiasih (2021) STUDI TENTANG PROSES PEMBELAJARAN TARI PRESEAN DI SANGGAR TARI DEWI SARASWATI KOTA MATARAM. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.

[img] PDF (STUDI TENTANG PROSES PEMBELAJARAN TARI PRESEAN DI SANGGAR TARI DEWI SARASWATI KOTA MATARAM)
Download (182kB)

Abstract

Pembelajaran merupakan aktivitas utama, ini berarti bahwa keberhasilan pencapaian tujuan pen- didikan banyak tergantung pada bagaimana proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif. Tari Presean merupakan salah satu materi yang diajarkan di Sanggar Tari Dewi Saraswati. Pembelajaran ini diharapkan mampu meningkatkan kreativitas dan sebagai sarana mengekspresikan ide-ide yang dimiliki serta menambah wawasan tentang tari Sasak. Kajian sumber yang diguna-kan berupa buku-buku, jurnal dan laporan, sedangkan landasan teori yang mendukung dalam penelitian ini yaitu, teori belajar, teori pembelajaran, teori estetika dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran. Penelitian kualitatif ini dengan beberapa tahapan yaitu dari menentukan rancangan penelitian, lokasi penelitian, jenis dan sumber data, instrumen penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisis data dan penyajian hasil penelitian. Selanjutnya teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, interview, dokumentasi dan teknik studi kepustakaan sumber data penelitian ini diperoleh dari data primer dan data skunder. Penelitian ini membahas tentang struktur pertunjukan tari Presean, proses pembelajarannya dan faktor pendukung serta penghambatnya di Sanggar Tari Dewi Saraswati. Tari Presean ini terinspirasi dari permainan Presean Lombok yang dikembangkan dalam sebuah komposisi tari Presean dan fungsinya sebagai hiburan. Struktur pertunjukannya meliputi struktur tari, ragam gerak, busana, tata rias, iringan dan fungsi. Proses pembelajaran tari Presean di Sanggar Tari Dewi Saraswati Kota Mataram, menggunakan 4 tahap yaitu: tahap persiapan, tahap penyampaian, tahap latihan dan tahap penampilan. Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran tari Presean menggunakan 3 metode (ceramah, demonstrasi dan metode tanya jawab). Faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran tari Presean ada 2 faktor yaitu faktor pendukung dan penghambat. Faktor yang mendukung proses pembelajaran ada 2 faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi: faktor siswa, tingkat kecerdasan, dan sikap siswa. Sedangkan faktor eksternal meliputi kegiatan siswa dalam masyarakat, bakat siswa dan minat siswa. Faktor penghambat pembelajaran ada 2 (dua) faktor. Faktor internal yaitu dari faktor siswa dan faktor guru. Sedangkan faktor eksternal yaitu faktor jam latihan dan faktor busana tari. Kata Kunci: pembelajaran, tari Presean, sanggar tari dewi saraswati

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Performing Arts Faculty > Theatre Dance and Music
Depositing User: Jayasemadi
Date Deposited: 29 Jun 2021 07:17
Last Modified: 29 Jun 2021 07:17
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/4237

Actions (login required)

View Item View Item