I Wayan, Mardana
(2004)
STUDI TENTANG NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM PERTUNJUKAN WAYANG KULIT DENGAN LAKON KUNTI YADNYA.
Wayang (JURNAL ILMIAH SENI PEWAYANGAN), 3 (1).
p. 1.
ISSN 1412-9248
Preview |
|
PDF (STUDI TENTANG NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM PERTUNJUKAN WAYANG KULIT DENGAN LAKON KUNTI YADNYA)
- Published Version
Download (329kB)
| Preview
|
Abstract
Di samping berfungsi religus, seni pertunjukan wayang kulit di Bali berfungsi sebagai media pendidikan. Sehubungan dengan itu pertunjukan wayang kulit dapat dipandang sebagai suatu proses pendidikan informal yang sangat besar artinya dalam pemahaman nilai-nilai sikap, mental, etika, logika. Dalam rangka ini dalam mempunyai peranan yang sangat penting dan kompleks yaitu sebagai seniman, pendidikan, ahli agama, ahli filsafat. Melalui dalanglah perunjukan wayang kulit masyarakat dapat pengetahuan tentang nilai-nilai etika, logika, sikap dan mental. Secara umum seni pertunjukan wayang kulit dengan judul Kunti Yadnya dapat memberikan nilai-nilai etika, logika, sikap dan mental yang dicerminkan oleh keluarga Pandawa dan Sri Kresna. Begitu pula nilai-nilai yang kurang terpuji dicerminkan oleh Duryudana dan para buta kala dan buta kalinya.
Actions (login required)
|
View Item |