I Nyoman, Cerita (2018) Deskripsi Karya: TARI KRERASI BARU DENGAN JUDUL ‘WITNING LEGONG’. Documentation. ISI Denpasar. (Unpublished)
PDF (Deskripsi Karya: TARI KRERASI BARU DENGAN JUDUL ‘WITNING LEGONG’)
Download (209kB) |
Abstract
Bagi masyarakat awam, sudah dipastikan tidak tahu tentang kelahiran tari legong yang sering mereka tonton. Atau kebanyakan masyarakat Bali yang sudah fasih di dalam mengucapkan kata legong bahkan sudah menjadi penggemar yang fanatik terhadap salah satu tari yang telah mendunia ini, namun belum tahu tentang apa artinya legong dan bagaimana kelahirannya. Dan kemungkinan juga telah banyak anak-anak yang sedang mempelajari tari legong namun belum pernah diberitahu oleh gurunya masingmasing tentang kelahiran tari legong. Dan tidak tertutup kemungkinan pula bahwa para penari yang sudah sering menarikan tari legong belum paham dengan keberadaan tari legong itu sendiri. Atau barang kali mereka sudah tahu tentang tari legong namun masih dalam samar-samar, di dalam pemikiranya telah terjadi pergulatan antara yakin atau tidak bahwa, salah satu tari kebanggaan meraka yaitu tari legong telah diturunkan dari wahyu Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan. Dikalangan akademis baik dari tingkat Sekolah Dasar (SD), SMP, SMA/SMK, sebagai bagian dari materi pelajaran seni, bahkan sampai keperguruan tinggi belum disebutkan kapan dan siapa, serta dimana tari legong yang merupakan ikon budaya Bali tersebut di ciptakan. Sementara ini masih disebutkan “anonim”. Sampai sekarang sebagian besar tari-tari yang tergolong dalam seni klasik masih belum diketahui sejarah kelahirannya. Berbagai macam asumsi dan interpretasi tentang keberadaan tari legong yang begitu indah, ritmis, dan dinamis.
Item Type: | Monograph (Documentation) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Faculty > Performing Arts Faculty > fsp |
Depositing User: | Jayasemadi |
Date Deposited: | 30 Jul 2021 11:58 |
Last Modified: | 30 Jul 2021 11:58 |
URI: | http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/4452 |
Actions (login required)
View Item |