ISI Denpasar | Institutional Repository

Desain Interior Wahana Edukasi Permainan Tradisional Bali “Maplalian” di Denpasar

Ida bagus Made, Giri Wirawan and I Made Pande, Artadi and I Made, Resi Kerdiati (2022) Desain Interior Wahana Edukasi Permainan Tradisional Bali “Maplalian” di Denpasar. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.

[img] PDF (Desain Interior Wahana Edukasi Permainan Tradisional Bali “Maplalian” di Denpasar)
Download (296kB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat terutama media sosial pada telepon genggam membuat interaksi antara manusia serta kehidupan bersosialisasi masyarakat menjadi berubah. Kenyataan ini memberikan pengaruh terhadap minat masyarakat pada permainan tradisional Bali, terutama generasi Y dan Z yang hidup pada era teknologi. Desain interior wahana edukasi permainan tradisional Bali “Maplalian” di Denpasar merupakan wadah bagi masyarakat yang ingin mengenal kembali permainan tradisional Bali. Metode yang digunakan dalam memecahkan permasalahan ini yakni dengan 5 tahapan yang dilakukan agar dapat mengimplementasikan desain secara baik. Tahapan tersebut diantaranya tahap definisi, tahap penelitian, tahap penggagasan, tahap pengembangan, tahap implementasi. Pengembangan desain didasarkan pada konsep megoak-goak yang memberikan nuansa keceriaan, kebersamaan, serta ketenangan di dalam ruangan. Implementasi konsep pada ruangan dilakukan pada pola garis, strategi spatial, kriteria, warna, material, dan volume spatial yang dihubungkan dengan pola permainan megoak-goak. Terdapat enam belas ruangan pada wahana edukasi permainan tradisional Bali diantaranya ruang lobi & tiketing, ruang klinik, ruang istirahat pegawai, ruang audio, ruang pusat informasi, ruang edukasi, ruang kantor, pantry, ruang manager, ruang direktur, ruang rapat, restroom, serta Gudang/ruang penyimpanan, ruang café & area souvenir, area bermain, restroom, dan ruang klinik, serta taman sebagai areal sirkulasi udara. Wahana edukasi permainan tradisional Bali sebagai media promosi dengan pengembangan pada era new normal diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap masyarakat luas. Kata Kunci: Teknologi, Permainan tradisional Bali, Wahana Edukasi

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Interior Design Department
Depositing User: Jayasemadi
Date Deposited: 21 Apr 2022 06:08
Last Modified: 21 Apr 2022 06:08
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/4781

Actions (login required)

View Item View Item