Fita, Mala and I Made, Bendi Yudha and I Wayan, Gulendra (2022) DINAMIKA BENTUK DAN WARNA SEGEHAN PANCA WARNA SEBAGAI SENI LUKIS KONTEMPORER. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.
PDF (DINAMIKA BENTUK DAN WARNA SEGEHAN PANCA WARNA SEBAGAI SENI LUKIS KONTEMPORER)
Download (674kB) |
Abstract
Tujuan utama dari penelitian dan penciptaan seni ini adalah mencipta dan menyajikan karya “Dinamika Bentuk Dan Warna Segehan Panca Warna Sebagai Lukis Kontemporer” sebagai representasi pendidikan seni dan budaya. Model penciptaan seni lukis menjadi ekspresi budaya yang mampu memainkan peran kritis sebagai media peningkatan apresiasi masyarakat. Penciptaan ini berbasis riset dengan demikian metodenya terdiri dari dua bagian yang tidak terpisah yakni metode penelitian dan metode penciptaan. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan. Dengan pengamatan akan mendapat gambaran nyata mengenai segehan. Sedangkan metode penciptaan melewati tiga tahap yakni: eksplorasi/penjajagan, percobaan/penuangan, pembentukan/penyusunan yang didahului dengan telaah karya seni sejenis dan kajian literatur. Ruang lingkup penelitian dan penciptaan karya seni ini berangkat dari upacara yadnya agama Hindu yang ada di Bali begitu banyak dengan berbagai bentuk upakara maka ruang lingkup dari upakara yang berbentuk segehan dibatasi pada segehan panca warna yang menurut penulis segehan panca warna ini menghadirkan warna-warna yang kontras. Adapun bentuk karya yang dihasilkan merupakan karya abstraksi dari segehan panca warna. Hasil cipta karya seni ini untuk memenuhi keindahan yang diambil dari bentuk, warna serta nilai filosofis yang terkandung dalam segehan panca warna. Kata Kunci: Segehan Panca Warna Dalam Harmoni.
Item Type: | Monograph (Working Paper) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Fine Art Department |
Depositing User: | Jayasemadi |
Date Deposited: | 27 Apr 2022 06:16 |
Last Modified: | 27 Apr 2022 06:16 |
URI: | http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/4806 |
Actions (login required)
View Item |