ISI Denpasar | Institutional Repository

BRANDING UMKM SUARI SNACKS DI DAERAH SEMPIDI, BADUNG

Ida Bagus Gede, Adnyana Putra and Ida Ayu, Dwita Krisna Ari and I Wayan, Nuriarta and Ni Putu, Sri Wahyuning (2022) BRANDING UMKM SUARI SNACKS DI DAERAH SEMPIDI, BADUNG. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.

[img] PDF (BRANDING UMKM SUARI SNACKS DI DAERAH SEMPIDI, BADUNG)
Download (2MB)

Abstract

Masa kini Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung bagi perekonomian nasional. Sektor ini mampu menggerakkan perekonomian masyarakat dan meyerap tenaga kerja yang dapat dikatakan dalam jumlah besar. Sebuah UMKM itu sangat penting untuk melakukan branding, karena berfungsi untuk menanamkan citra positif kepada konsumen agar sebuah usaha mudah diingat oleh masyarakat atau konsumen dalam jangka waktu yang panjang. Sebuah UMKM penjual kripik milik Ibu Suari di Kawasan Sempidi, Badung ini sudah berjalan selama 11 tahun, tetapi sama sekali belum memiliki media yang dapat mendukung branding dari usaha ini, termasuk nama usaha. Jadi pada artikel ini dibahas mengenai pembuatan beberapa jenis media branding dari UMKM milik Ibu Suari yang diberikan nama Suari Snacks, media yang dibuat ini berdasarkan analisis studi literatur, dengan menggunakan konsep warna, tipografi, dan komposisi yang memberikan kesan profesional dengan sesuai karakteristik produknya. Adapun jenis-jenis media terpilih yang dapat mendukung branding dari Suari Snack, yang pertama adalah Logo, elemen grafis yang berbentuk ideogram, simbol, emblem, ikon, tanda yang digunakan sebagai lambang sebuah merek, kemudian packaging yang bertujuan untuk menambah estetika dan melindungi sebuah produk saat akan dikirim, disimpan atau dijajakan, lalu kartu nama, sebagai informasi kontak yang dapat dihubungi untuk pelanggan yang akan memesan kripik di kemudian hari, kemudian glass sign yang berfungsi untuk memudahkan pembeli dalam menemukan tempat usaha Suari Snacks dikarenakan usaha yang masih didalam rumah, dan yang terakhir adalah paper bag, karena jenis tas ini menggunkan bahan yang ramah lingkungan jadi sangat cocok sebagai pengganti dari kantong belanja plastik, dan penggunaan paper bag ini juga dapat digunakan sebagai tanda pengenal Suari Snacks agar diketahui banyak orang. Kata kunci: Branding, UMKM, Sempidi, Badung

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Design and Visual Communications Department
Depositing User: Jayasemadi
Date Deposited: 06 Jul 2022 12:38
Last Modified: 06 Jul 2022 12:51
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/4844

Actions (login required)

View Item View Item