ISI Denpasar | Institutional Repository

DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI PERANCANGAN VISUAL BRANDING PIA CINTA DENPASAR

Giovanni, Brewijaya Putra Permadi and Ida Ayu, Dwita Krisna Ari and I Wayan, Nuriarta and Putu, Wahyuning Sri Purnami (2022) DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI PERANCANGAN VISUAL BRANDING PIA CINTA DENPASAR. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.

[img] PDF (DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI PERANCANGAN VISUAL BRANDING PIA CINTA DENPASAR)
Download (1MB)

Abstract

Branding dalam dunia Desain Komunikasi Visual (DKV) memiliki peranan yang besar terhadap suatu produk/ usaha. Adapun fungsi dari branding itu sendiri adalah sebagai pembentuk citra, penambah daya tarik, dan memberi keyakinan pada target pasarnya. Penelitian ini bertujuan untuk membranding dan mempromosikan Pia Cinta Denpasar. Pia cinta Denpasar merupakan usaha yang bergereak di bidang kuliner dengan ciri khasnya yakni pia yang proses pembuatannya dipanggang. Konsep yang digunakan adalah mengangkat budaya lokal Denpasar melalui bunga jempiring dan aksen padmanasa jaganatha, dimana dalam proses perancangannya dibuat dengan memadukan konsep modern dan penyederhanaan bentuk, dengan tidak meninggalkan bentuk aslinya. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif dengan metode kualitatif, dimana pengumpulan datanya didapatkan dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Adapun proses penulis dalam branding pia cinta Denpasar yakni mengidentifikasi masalah yang ada, analisis, sintesis, dan evaluasi. Hal yang ditemukan pada kasus pia cinta Denpasar ialah belum terbentuknya branding yang kuat, dan belum maksimalnya pengaplikasian branding pada media yang digunakan. Dengan adanya kasus yang ada, penulis kemudian menganalisa data yang telah didapatkan sebelumnya, kemudian menyimpulkan dan dapat menentukan serta merancang media komunikasi visual sebagai branding pia cinta Denpasar, yakni logo, banner, poster daftar menu, kemasan, dan totebag. Hasilnya, penulis dapat merancang dan membranding pia cinta Denpasar dimana setelah disimpulkan, didapatkan hasil branding yang lebih tepat dan efektif dari sebelumnya. Kata Kunci : Pia Cinta Denpasar, Branding, Desain Komunikasi Visual

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Design and Visual Communications Department
Depositing User: Jayasemadi
Date Deposited: 11 Jul 2022 03:32
Last Modified: 11 Jul 2022 03:32
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/4876

Actions (login required)

View Item View Item