ISI Denpasar | Institutional Repository

PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK PONDOK MAKAN SARI MERTHA DI BADUNG

Raden, Roro Zhanna Sheeva Saputri Soetadi and Ida Ayu, Dwita Krisna Ari and I Wayan, Nuriarta and Putu, Wahyuning Sri Purnami (2022) PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK PONDOK MAKAN SARI MERTHA DI BADUNG. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.

[img] PDF (PERANCANGAN MEDIA PROMOSI UNTUK PONDOK MAKAN SARI MERTHA DI BADUNG)
Download (796kB)

Abstract

Sate ikan tuna merupakan salah satu wisata kuliner di Bali terutama di daerah Badung. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media promosi dalam bentuk media kartu nama, banner, logo, feeds Instagram, dan daftar menu yang nantinya dapat membantu pemilik UMKM rumah makan sate ikan tuna. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif dengan metode kualitatif dimana data yang dikumpulkan berasal dari hasi wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Dari hasil penelitian, ditemukan adanya permasalahan berupa media promosi yang kurang dan media promosi yang kurang sesuai dengan kriteria desain. Perancangan media promosi dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara dan melakukan dokumentasi, menemukan permasalahan, melakukan brainstorming perancangan desain, menentukan konsep yang sesuai, proses pembuatan desain dan menemukan hasil desain perancangan media promosi dan mendapatkan hasil perancangan. Konsep desain yang akan digunakan adalah desain sederhana namun terkesan modern, selain itu juga didampingi oleh ilustrasi ornamen khas Bali yang menjadikan identitas masakan khas dari Bali. Tujuan dari perancangan media komunikasi visual ini yaitu ada dua jenis yaitu umum dan khusus. Tujuan umumnya yaitu, untuk membantu UMKM rumah makan sate ikan tuna dalam mempromosikan produknya serta sebagai pelengkap dalam menyelesaikan tugas dari matakuliah Desain Penjenamaan Bali. Tujuan khususnya yaitu, untuk mengetahui media apa saja yang efektif untuk mempromosikan kuliner sate ikan tuna khas Bali di Badung dan untuk merancang media komunikasi visual dalam mempromosikan sate ikan tuna di Badung. Kata Kunci : Sate Ikan Tuna, Perancangan Media Promosi, UMKM

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Design and Visual Communications Department
Depositing User: Jayasemadi
Date Deposited: 11 Jul 2022 04:06
Last Modified: 11 Jul 2022 04:06
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/4879

Actions (login required)

View Item View Item