ISI Denpasar | Institutional Repository

BRANDING USAHA PANGGUL SARI KEMUNING DI DESA BATUAN, SUKAWATI, GIANYAR

GEDE, RYAN ADITYA WARDANA and Ida Ayu, Dwita Krisna Ari and I Wayan, Nuriarta and Putu, Wahyuning Sri Purnami (2022) BRANDING USAHA PANGGUL SARI KEMUNING DI DESA BATUAN, SUKAWATI, GIANYAR. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.

[img] PDF (BRANDING USAHA PANGGUL SARI KEMUNING DI DESA BATUAN, SUKAWATI, GIANYAR)
Download (523kB)

Abstract

Saat ini peminat Gamelan Bali dikalangan anak-anak, remaja hingga dewasa semakin meningkat sehingga kebutuhan peralatan dalam berkesenian yaitu panggul semakin bertambah, baik dari Bali maupun luar Bali. Sehingga hal ini mendorong UMKM yang bergerak di bidang seni kerajinan panggul berupaya meningkatkan usahanya dalam segi kualitas, kreativitas, serta inovasi-inovasi lainnya agar dapat meraih pangsa pasar baik lokal maupun internasional. Salah satunya UMKM yang terletak di desa Batuan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali yaitu Sari Kemuning. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan ternyata UMKM ini memiliki permasalahan yaitu usaha ini belum membangun Branding. Masalah pendukung lainnya yaitu media promosi yang masih kurang, penggunaan media sosial yang tidak aktif, pasar kurang luas dan tidak bisa bersaing di pasar dengan maksimal. Melalui hal ini peranan Desain Komunikasi Visual diharapkan dapat memecahkan masalah serta menemukan solusi yang tepat untuk Sari Kemuning. Dengan melakukan wawancara serta observasi, penulis dapat mengumpulkan data untuk menemukan permasalahan yang harus diteliti, kemudian Penulis mengumpulkan dokumentasi berupa fotofoto produk dan situasi usaha kerajinan panggul Sari Kemuning. Berdasarkan perancangan media komunikasi visual yang efektif dalam membangun Branding Sari Kemuning adalah Logo, Kartu Nama, Papan Nama, Nota dan Poster. Media- media komunikasi visual tersebut dipilih berdasarkan hasil analisis media yang saat ini paling dibutuhkan dalam upaya branding dan disesuaikan dengan kriteria desain sehingga diharapkan dapat menjangkau dan menarik minat khalayak sasaran agar membeli produk usaha kerajinan panggul Sari Kemuning. Selain itu, diharapkan media yang telah dirancang dapat membangun branding Sari Kemuning dalam pengenalan merek secara menyeluruh dan utuh serta penanaman merek dalam benak konsumen. Kata kunci : Branding, UMKM, Panggul, Bali, Desain Komunikasi Visual

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Design and Visual Communications Department
Depositing User: Jayasemadi
Date Deposited: 11 Jul 2022 13:03
Last Modified: 11 Jul 2022 13:03
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/4882

Actions (login required)

View Item View Item