ISI Denpasar | Institutional Repository

BAHAN AJAR: ORNAMEN NUSANTARA

I Made, Jana and I Nyoman, Dana (2022) BAHAN AJAR: ORNAMEN NUSANTARA. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.

[img] PDF (BAHAN AJAR: ORNAMEN NUSANTARA)
Download (4MB)

Abstract

Pengantar Mata kuliah ini sangat penting bagi mahasiswa Seni rupa, untuk memahami budaya Nusantara khususnya di bidang motif-motif hias di kepulauan Indonesia. Hal ini berupa dokumen sebagai upaya penyebarluasan warisan budaya bangsa, dengan tujuan mahasiswa mampu meningkatkan apresiasi terhadap karya budaya bangsa. Urgensi mata kuliah Ornamen Nusantara, bagi mahasiswa bisa mengembangkan dalam berbagai karya cipta seni rupa lainnya. sesuai dengan bidang yang digeluti. Mata kuliah ini juga bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan, terhadap budaya Nusantara, dalam memperkuat jati diri dan menjadi kebanggaan dalam berpacu dan menghadapi tantangan dunia semakin berkembang dan maju di era global ini. Ornamen sebagai khasanah budaya bangsa yang tersebar di wilayah Nusantara, yang disebut “Ornamen Nusantara” diklasifikasian ke dalam sejumlah motif, yaitu motif Geometris, motif hias manusia, motif hias binatang air dan melata, motif hias binatang darat dan makhluk imajinatif, motif hias tumbuh-tumbuhan, motif hias benda alam dan pemandangan, serta benda teknologis. Materi ini akan dibahas pada setiap kali pertemuan. Setelah mengikuti mata kuliah ornamen nusantara, mahasiswa memahami dan mampu meningkatkan kecintaan terhadap khasanah budaya bangsa yang tersebar di wilayah Nusantara, khususnya seni Ornamen. Secara khusus mahasiswa mampu melakukan pengembangan dalam praktek, dengan memperhatikan kreativitas, ekspresi, gaya, media (bahan dan teknik) yang dipakai dalam ornamen (dari daerah mana asalnya) serta mampu mengungkapkan konsep karyanya secara lisan dan tertulis. Adapun capaian pembelajaran mata kuliah ornamen nusantara: a. Mahasiswa Seni rupa, memiliki kemampuan untuk memahami budaya khususnya di bidang Motif-motif hias/Ornamen di kepulauan Indonesia,ari aspek sejarah: Zaman Pra-sejarah Zaman Sejarah/Klasik Zaman Madya, Zaman Belanda, Zaman Kemerdekaan. b. Mahasiswa mampu menelaah karakteristik Ornamen: berdasarkan motif atau pola dan Gaya/Styles, daerah, antara lain: Mahasiswa memahami sifat-sifat ornamen nusantara antara lain: Daerah Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi,Bali,Lombok/Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Irian Jaya/Papua c. Mahasiswa mampu menelaah Jenis/macam-macam: ornamen Nusantara, meliputi: Mahasiswa memahami jenis ornamen Nusantara, seperti ornament. Geometris, antara lain: Flora, fauna, Manusia, benda alam, hayali, Teknologi, kaligrafi d. Mahasiswa mampu memandang lebih jauh, terhadap faktor pendorong kelahiran seni Ornamen, di kepulauan Indonesia/Nusantara, dalam hal ini mahasiswa dapat memahami teori timbulnya kesenian atau seni, antara lain: a. Theory of play; b. Theory of Utility; c. Theory of Magis/Religy e. Mahsiswa mampu memahami dan memiliki pengetahuan tentang Fungsi Ornamen Nusantara f. Mahasiswa mampu memahami makna/nilai Ornamen Nusantara, yang berada di daerah-daerah. Dalam bahan ajar tahap awal ini, baru membahas dua (2) daerah yaitu Sumatra dan Bali. Karena sangat luasnya cakupan materi diberikan dalam satu semester, dua daerah ini pun disinggung hanya garis besar saja, dan sebagian kecil materi yang dihadirkan. Mudahan bagian yang kecil ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi mahasiswa maupun pada pembaca pada umumnya, Demikian secara singkat pengantar kuliah ornamen nusantara ini disampaikan, mudah-mudahan ada manfaat bagi mahasiswa dan pembaca yang budiman. Untuk penyempurnaan tulisan ini, dengan rendah hati kami mohon saran dan kritiknya. Tim Penulis

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Craft Department
Depositing User: Jayasemadi
Date Deposited: 08 Aug 2022 12:53
Last Modified: 08 Aug 2022 12:53
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/4936

Actions (login required)

View Item View Item