Desak Made, Suarti Laksmi (2022) IMBA KIDUNG YADNYA (Dharmagita). CV. KARYA RANAH BARU Bekerjasa sama dengan Sanggar Seni Citta Usadhi Kabupaten Badung Mangupura. ISBN 78-623-09-0875-0
PDF (IMBA KIDUNG YADNYA (Dharmagita))
Download (802kB) |
Abstract
SEKAPUR SIRIH DARI PENULIS Om Suastyastu Penulis tiada hentinya memanjatkan puja dan puji syukur ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Penga- sih) karena setelah sekian lama berproses sebagai endapan wujud niatan dan berkat asung kerta waranugraha-Nya buku Imba Ki- dung Yadnya (Dharmagita) ini dapat terselesaikan. Sujud bakti penulis kehadapan para leluhur, Hyang Kawi sebagai Hyang Kawi Sastra dan Hyang Kawi Suara yang telah membimbing secara spi- ritual sekala niskala dalam mewujudkan karya agung menggaung sepanjang waktu. Keindahan untaian sastra bermakna filosofis yang mendalam, tuntunan hidup dan kehidupan dengan estetik alunan melodi yang indah berkumandang setiap saat sebagai ba- gian dari persembahan yadnya dalam berbagai domainnya. Penulis hanya berusaha mendokumentasikan karya-karya leluhur untuk tetap terjaga eksistensinya, ditengah kekhwatiran semakin dijauhi oleh generasi pelanjutnya karena kemajuan jaman dengan teknolo- gi kekinian. Buku “Imba Kidung Yadnya” ini ditulis dengan tujuan ingin memenuhi keinginan para pembina kidung khususnya juru kidung, dan penggemar tembang-tembang yang berkaitan dengan sastra dan nyanyian keagamaan (Dharmagita).. Hal ini sangat pen- ting sebagai srada bakti dan bukti bakti kehadapan Sang Pencipta Ida Sang Hyang Parama Kawi beserta sinar suci beliau. Buku ini berhasil mendokumentasikan beberapa kidung yadnya dengan ber- bagai gaya daerah yang tersebar di beberapa kabupaten/kota di Bali. Menyadari karena luas dan kayanya diskursus tentang ki- dung, buku ini belum bisa mencatat semua kidung-kidung yang masih tersebar luas di kabupaten/kota di Bali. Tentunya dengan harapan semoga secara perlahan namun pasti jenis kidung yang lain akan terdokomentasi pada kesempatan yang akan datang. Be- berapa informasi tentang teknik olah vokal, teknik penotasian, dan teori-teori kidung lainnya bermanfaat sebagai acuan untuk lebih mengerti membaca dan menyanyikan kidung. Oleh karena itu atas kekurangannya penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya dan kepada para pembaca dimohon agar sudi kiranya melengkapinya demi kesempurnaan buku ini. Atas kerendahan hati, semoga buku Imba Kidung Yadnya (Dharmagita) ini dapat menggugah para penggiat kidung terutama anak-anak muda Hindu sebagai penerus tradisi budaya religius, untuk mencintai, menekuni, mempelajari, dan menyanyikan jenis-jenis kidung warisan budaya adhi luhung yang kita cintai ini. Buku ini dilengkapi dengan notasi dingdong (penganggening aksara Bali), yang juga dilengkapi dengan peng- gunaan garis nilai dan garis lengkung/legato. Legato sebagai peng- hubung beberapa not atau not satu dengan not lainnya yang biasa dipergunakan dalam penotasian musik Barat Ucapan terima kasih yang tulus penulis haturkan kehadapan para sujana, para ahli kidung yang telah banyak memberikan petuah-petuah dan informasi yang sangat berguna demi kesem- purnaan buku ini. Rasa hormat dan sujud bakti penulis haturkan kehadapan almarhum ayahnda tercinta I Dewa Putu Sasih (almar- hum), yang sejak kecil menggembleng dan menanamkan bibit seni dengan kegiatan pelatihan berkesenian baik dalam bidang seni tari, seni tabuh, dan juga tatembangan Bali (sekaran). Sebagai fondasi awal yang penulis terus dalami menjadi pembuka jalan karier yang sesungguhnya dimulai dari usaha beliau. Oleh karenanya buku ini penulis dedikasikan kepada beliau bersama ibunda terkasih kedua istri pendamping almarhum. Disamping itu ucapan terima kasih penulis haturkan kepada para pakar, pembimbing, pembina, yang membukakan jalan buat penulis memberi kesempatan menapaki mengikuti langkah-langkah beliau berkiprah dan berolah seni ta- tembangan Bali. Mereka itu diantaranya: Bapak I Wayan Pamit (almarhum), Ida Pedanda Lebar Ida Pedanda Gede Oka Tembau (almarhum), saat walaka bernama Ida Bagus Made Putra. Ida Wa- yan Ngurah (almarhum), A.A. Gede Agung (almarhum), dan para pakar sepuh lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Ba- pak I Wayan Pamit dari tahun 1985 sudah berjasa memberi kesem- patan kepada penulis untuk tampil sebagai peserta di bidang mem- baca Kakawin dalam ajang lomba Seni Baca Lontar, sebutan dari Utsawa Dharmagita saat itu dari tingkat kabupaten sampai tingkat provinsi. Bersama Ida Pedanda Gede Oka Tembau bapak I Wayan Pamit telah dengan tulus membukakan jalan dan membina penulis sehingga selalu tampil sebagai pemenang. Langkah ini telah meng- antarkan penulis menjadi anggota Widyasabha sekaligus sebagai pembina dan juri di tingkat kabupaten/kota dan lanjut di tingkat provinsi dan nasional. Sebagian besar materi kidung penulis dapat- kan dan merekontruksikannya dari kidung-kidung pemberian ba- pak Wayan Pamit saat beliau masih hidup. A.A. Gede Agung (al- marhum) adalah seorang pembina kidung yang mempuni dari De- sa Sading Kabupaten Badung telah memberikan teknik olah vokal dan cara menembangkan kidung yang beliau dapatkan dari sera- sehan Kidung pada tahun 1975. Teknik-teknik yang beliau terap- kan telah menghasilkan para pembina dan penyanyi kidung yang handal baik di wilayah Kabupaten Badung maupun di kabupaten- kabupaten lainnya di seluruh Bali. Sama halnya dengan Ida Wayan Ngurah yang juga seorang seniman multi talent dan sastrawan mumpuni. Sejak pertemuan penulis dengan beliau pada tahun 1978 telah menginspirasi penulis untuk menggeluti dan mencintai Ki- dung serta memberikan penulis beberapa materi Kidung khas Karangasem (Desa Budakeling) tempat dimana beliau berasal. Di samping kidung-kidung khas Karangasem beliau juga memberi- kan kidung-kidung Sasasakan (kidung khas Lombok) yang sering dinyanyikan saat upacara Yadnya. Melalui keponakan beliau Ida Ayu Wayan Arya Satyani, S.Sn., M.Sn dan Ida Ayu Nyoman Diana Pani, S.Ag penulis berhasil mendapatkan kidung “Gebang Apit Lontar” karya Ida Made Oka Gejel dan kidung-kidung lainnya yang beliau janjikan sejak belum meninggal. Kidung Gebang Apit Lontar merupakan sebuah kidung yang khas karena menggunakan dua laras yaitu Laras Slendro dan Laras Pelog. Beberapa jenis ki- dung juga penulis dapatkan dari I Gusti Nyoman Wirata (almar- hum) pormer Ketua Widyasabha Kabupaten tabanan dan juga dari bapak I Wayan Mudra (almarhum) yang saat hidupnya aktif mem- bina dan selalu bergelut di bidang Dharmagita dari Desa Tanah- ampo Manggis Karangasem. Sumber kidung lainnya termasuk Kidung “Turun Daun” (Kidung khas Lombok) yang biasa dinya- nyikan oleh kaum muslim dan Hindu/watu telu) penulis dapatkan dari bapak I Wayan Dana, Ketua LPDG Pusat. Terima kasih pula kepada para sahabat para penggiat kidung atas dorongannya un- tuk menjadikan catatan penulis untuk diterbitkan menjadi sebuah buku. Terima kasih kepada buah hati ananda Adiyana Paramita (Adi), Dwiyana Stirabudi (Dwi) dan Nyoman Triyana Usadhi (Mang Gus) dan seluruh keluarga besar penulis baik di Mengwitani Badung maupun di Jro Manggis Karangasem atas segala duku- ngannya. Berkat dukungan penuh I Nyoman Catra (suami/pen- damping hidup) yang atas usaha kretifnya menciptakan font no- tasi dingdong dengan panganggēning aksara Bali ini yang sangat bermanfaat dan memudahkan penulis mengumpulkan secara per- lahan penotasian kidung tersebut di dalam file computer. Doro- ngan dan suportnya memacu semangat dan gairah untuk menja- dikan kumpulan catatan hasil unuh-unuhan ragam kidung yang berproses dalam perjalanan panjang akhirnya dapat dikumpulkan dalam bentuk buku. Penulis menyadari Imba Kidung Yadnya (Dharmagita) ini jauh dari sempurna. Walau dalam keterbatasanya penulis memberanikan diri untuk menyuguhkannya kehadapan khalayak pencinta kidung. Kritik, saran dan masukan dari para pakar dan kritikus sangat diharapkan demi perbaikan di masa- masa mendatang. Sebagai akhir kata dengan mengucapkan Om awignamastu namo siddham buku “Imba Kidung Yadnya: Dharma- gita” ini penulis persembahkan kehadapan khalayak dengan ha- rapan semoga bermanfaat. Om Shanti, Shanti, Shanti Om Mangupura, Oktober 2022 Penulis, Desak Made Suarti Laksmi
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Document |
Depositing User: | Jayasemadi |
Date Deposited: | 26 Apr 2023 01:04 |
Last Modified: | 26 Apr 2023 01:04 |
URI: | http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/5244 |
Actions (login required)
View Item |