ISI Denpasar | Institutional Repository

KAJIAN KUALITAS INFORMASI PADA SITUS RESMI PEMERINTAH DAERAH BALI (HTTP://WWW.BALIPROV.GO.ID) SECARA PERSEPSI VISUAL I

Arya Pageh, Wibawa (2011) KAJIAN KUALITAS INFORMASI PADA SITUS RESMI PEMERINTAH DAERAH BALI (HTTP://WWW.BALIPROV.GO.ID) SECARA PERSEPSI VISUAL I. Artikel Bulan Februari (2011), 2 (2). p. 1.

[img]
Preview
PDF (KAJIAN KUALITAS INFORMASI PADA SITUS RESMI PEMERINTAH DAERAH BALI (HTTP://WWW.BALIPROV.GO.ID) SECARA PERSEPSI VISUAL I) - Published Version
Download (268Kb) | Preview

    Abstract

    A. Pengantar 1. Latar Belakang Persepsi menurut kamus bahasa Indonesia berarti “tanggapan (penerimaan) langsung dari sesuatu” atau “proses seseorang mengetahui beberapa hal melalui pancaindranya”. Dan visual berarti “dapat dilihat dengan indra penglihat (mata)” atau “berdasarkan penglihatan”. Sehingga dapat disimpulkan disini persepsi visual berarti tanggapan langsung dari sesuatu berdasarkan penglihatan atau proses seseorang mengetahui beberapa hal melalui indra penglihat dalam hal ini mata. Persepsi meliputi sistem multi komponen yang meliputi memperoleh informasi yang berhubungan dengan peristiwa, fenomena dan konsep-konsep di sekitar, merasakan rangsangan dan menyadari pesan yang diberikan. Menurut Jamieson (2007), persepsi visual terjadi dalam dua bentuk yaitu direct perception (persepsi langsung dan indirect perception (persepsi secara tidak langsung). Persepsi langsung terjadi ketika cahaya mencapai mata dan persepsi secara tidak langsung terjadi ketika manusia di mediasi oleh simbol-simbol budaya dalam menafsirkan rangsangan yang diterima. Menurut Demirel (Demirel & Un, 1987), persepsi dapat digambarkan sebagai proses sensasi dan realisasi melalui indera. Pendapat lain mengatakan bahwa persepsi visual adalah konsep kesadaran indrawi yang dirasakan dan dipilih, mengatur dan menjelaskan setiap rangsangan tertentu secara holistik sebagai bagian dari konsep yang melalui pemahaman fitur visual nya (Behrens, 1984; Booth, 2003; Findlay & Gilchrist, 2003). Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat, semakin mempersulit persepsi manusia secara visual akibat semakin kompleknya struktur yang menyusun sebuah karya desain. Salah satunya adalah situs atau lebih dikenal dengan website. Dengan perkembangan perangkat keras dan perangkat lunak yang ada pada komputer membuat situs semakin komplek dimana sebuah situs dapat dilengkapi dengan audio (suara) dan video. Secara visual, semua situs terlihat sama. Padahal situs dapat dibagi menjadi situs bisnis (E-Commerce), situs informasi (E-Information), situs berita (E-News), dan situs hiburan (E-Entertainment). Disamping itu, tiap situs memiliki ciri-ciri tertentu secara visual yang dapat dipakai untuk menentukan kualitas informasi yang diberikan.

    Item Type: Article
    Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
    Divisions: Publication Unit > Article
    Depositing User: Users 2 not found.
    Date Deposited: 10 Mar 2011 14:44
    Last Modified: 13 Apr 2011 13:50
    URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/674

    Actions (login required)

    View Item