I Ketut, Partha
(2011)
Nilai Nilai Gamelan Semara Pagulingan Banjar Teges Kanginan.
Artikel Bulan Maret (2011), 2 (3).
p. 1.
Preview |
|
PDF (Nilai Nilai Gamelan Semara Pagulingan Banjar Teges Kanginan)
- Published Version
Download (88kB)
| Preview
|
Abstract
Realisasi pelestarian nilai-nilai tradisi dalam berkesenian, bersinergi dengan ajaran Tri Semaya, yaitu: atita, nagata, dan wartamana. Apapun yang dilakukan saat ini hendaknya berpedoman dengan nilai-nilai masa lalu (atita) dan ber-orientasi ke masa depan (wartamana). Dengan demikian apa yang kita lakukan pada saat ini tidak meninggalkan akar budaya masa lampau dan juga tidak kehilangan kreatifitas untuk masa yang akan datang (Asnawa, 2004 : 82).
1) Nilai Religius
Gamelan Semar Pagulingan memiliki ciri-ciri sebagai bentuk seni ritual sesuai dengan konsep desa, kala, patra (tempat, waktu, dan keadaan) masyarakat setempat. Pada prinsipnya eksistensi Semara Pagulingan Banjar Teges Kanginan telah menunjukan ciri-ciri sebagai seni ritual, penyajiannya difungsikan sebagai pendukung suasana yang dapat dijadikan salah satu ciri (cihna) bahwa ada upacara yang sedang berlangsung. Semar Pagulingan memiliki nuansa musikal yang lirih dan lembut, sehingga dapat menambah ketenangan dan suasana khusuk untuk melengkapi serta memeriahkan rangkaian ritual dalam rutinitas keseharian masyarakat Teges Kanginan.
Para penabuh Semara Pagulingan ketika terlibat dalam kegiatan ritual, mereka menyerahkan diri secara tulus demi suatu kepercayaan yang mereka yakini. Berpatisipasi megambel, selain untuk mengekpresikan naluri berkesenian pada intinya merupakan yadnya bagi kehidupannya dibawah perlindungan dari kekuatan Yang Maha Kuasa.
Penyajian Semara Pagulingan Banjar Teges Kanginan dalam kaitannya dengan aktivitas keagamaan, dapat dikatakan bahwa eksistensinya banyak terkondisi oleh tradisi ngayah. Sebagai seorang penabuh akan merasa bahagia bila dapat menyumbangkan ketrampilannya dengan menyajikan tabuh-tabuh yang dimiliki. Gamelan Semara Pagulingan dalam fungsinya mengiringi dan melengkapi aktivitas ritual adalah sebagai wujud ungkapan rasa bhakti yang bernilai ”relegius”. Penabuh Semara Pagulingan oleh puluhan partisipan mengikuti serta mengiringi ritual sesuai rangkaian acara dari awal sampai akhir. Kendatipun para penabuh tidak disakralkan, akan tetapi saat keterlibatan mereka ketika ngayah, baik sebelum memulai atau seusai menyajikan tabuh-tabuh Semara Pagulingan, para penabuh mendapatkan percikan air suci, mendapatkan berkah atau pembersihan diri secara niskala.
Actions (login required)
|
View Item |