Gede, Nadi Asmara Jaya and Desak Putu, Yogi Antari Tirta Yasa and Putu, Raditya Pandet (2025) PENGARUH EKSPLORASI SUBJEKTIF KAMERA TERHADAP INTENSITAS EMOSI DALAM MUSIK VIDEO BAND MADNESS ON THA BLOCK. ISI Denpasar.
![]() |
PDF
Download (232kB) |
Abstract
Penciptaan video musik Madness On Tha Block (MOTB) berjudul PONGAH, MANIAK, dan BLOCBARS bertujuan mengeksplorasi penerapan teknik kamera subjektif (Subjective Camera) untuk membangun intensitas emosi dan kedekatan afektif antara narasi visual dengan audiens. Teknik ini diimplementasikan melalui variasi metode sinematografi seperti Snorricam, Point of View (POV), kamera genggam (handheld camera), serta pengaturan komposisi, pencahayaan, dan palet warna yang disesuaikan dengan tema masing-masing lagu. Penelitian artistik ini memanfaatkan pendekatan practice-based research melalui tahapan pra-produksi, produksi, dan pascaproduksi yang komprehensif. PONGAH menampilkan visual dinamis dan agresif dengan simulasi one-take dan transisi match cut, MANIAK mengusung estetika distorsi warna dan tekstur abrasif untuk merepresentasikan kritik terhadap perilaku konsumtif, sedangkan BLOCBARS menghadirkan atmosfer monokrom yang tenang namun mencekam sebagai penegasan kekuatan lirik. Hasil penciptaan menunjukkan bahwa kamera subjektif efektif dalam memediasi pengalaman visual yang imersif, memperkuat pesan lirik, dan membangun keterhubungan emosional penonton. Karya ini berkontribusi pada pengembangan estetika video musik hip-hop lokal melalui integrasi teknik sinematografi eksperimental dengan narasi sosial. Kata kunci: kamera subjektif, sinematografi, video musik, hip-hop, estetika visual
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Televisi dan Film |
Depositing User: | KOMANG AYU SEPTIARI |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 05:34 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 05:34 |
URI: | http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/5856 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |