ISI Denpasar | Institutional Repository

Perancangan Media Komunikasi Visual Sebagai Sarana Promosi Carrisa Cuci Mobil Otomatis

I Putu, Arya Janottama (2011) Perancangan Media Komunikasi Visual Sebagai Sarana Promosi Carrisa Cuci Mobil Otomatis. Documentation. ISI Denpasar.

[img]
Preview
PDF (Perancangan Media Komunikasi Visual Sebagai Sarana Promosi Carrisa Cuci Mobil Otomatis) - Cover Image
Download (17kB) | Preview

Abstract

Abstrak Salah satu aspek desain komunikasi visual adalah mempromosikan barang dan jasa secara komersil melalui media komunikasi visual untuk mencapai tujuan. Carissa cuci mobil otomatis (CCMO) yang beralamat di jalan Gatot Subroto Barat No 400 Denpasar, yang berdiri pada tahun 2001 berkecimpung dalam penyediaan jasa pencucian mobil. Melihat perkembangan jasa pencucian mobil di kota Denpasar yang berkembang pesat dan banyak bermunculan pesaing, diperlukan usaha kreatif yang untuk melakukan promosi mengingat media promosi yang ada pada CCMO sangat sedikit hanya sebatas logo dan papan nama saja. Maka timbul pertanyaan bagaimana membuat CCMO lebih dikenal dan menjaga eksistensinya, melalui perancangan media komunikasi visual yang sesuai dengan kreteria desain?. Melalui media komunikasi visual yang dirancang diharapkan masyarakat akan lebih mengenal keberadaan CCMO dan mau memanfaatkan jasa yang ada. Metode yang digunakan dalam perancangan ini menggunakan metode pengumpulan data, yang terdiri dari metode observasi, wawancara, kepustakaan, dokumentasi dan internet. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisa menggunakan metode deskriptif kualitatif. Media yang dibuat untuk mempromosikan CCMO terdiri dari Logo, Flyer, Billboard, Payung, Poster, Papan Nama, X-Banner, T-shirt, Kupon dan Katalog. Konsep dasar perancangan yang digunakan yaitu “Modern techno otomotif” dengan menonjolkan unsur gerak dan warna-warna yang berbasis metalik. Melalui media promosi yang dirancang diharapkan menimbulkan daya tarik konsumen dalam menggunakan jasa CCMO sehingga dapat menjaga eksistensi dalam menghadapi pesaingnya. Kata Kunci : Desain, Media Komunikasi Visual, Promosi, Carissa Cuci mobil Otomatis.

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Design and Visual Communications Department
Depositing User: Ni Made Dwi Oktaviani
Date Deposited: 10 Nov 2011 02:33
Last Modified: 10 Nov 2011 02:33
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/1137

Actions (login required)

View Item View Item