Dr. Drs. I Made Gede , Arimbawa, M.Sn
(2011)
Perkembangan Dan Motivasi Penciptaan Produk Kriya Di Bali.
Documentation.
ISI Denpasar.
Preview |
|
PDF (Cover Perkembangan Dan Motivasi Penciptaan Produk Kriya Di Bali)
- Cover Image
Download (21kB)
| Preview
|
Abstract
Abstrak
Suatu masyarakat dengan masalah sosial dan kebudayaannya tidak mungkin secara absolut dapat hidup statis, stagnan dan terisolir. Masalah sosial dan kebudayaan beserta hasilnya akan mengalami perubahan atau pergeseran dalam fungsi waktu dengan laju yang ber¬variasi. Disadari ataupun tidak gelombang pergeseran atau perubahan besar te¬lah terjadi, seakan memperlihatkan sisi lain dari realitas yang tidak selamanya memang sejalan dengan rencana atau konsep-konsep yang telah mendasari (Soekanto, 1993). Menurut Koening (1957) menyatakan berubahan tersebut disebabkan karena terjadi modifikasi baik internal maupun eksternal. Sehingga perubahan sosial dan kebudayaan dapat terjadi disebabkan oleh berbagai motivasi atau faktor pendorong, seperti penciptaan produk kriya di Bali, secara kebetulan atau direncanakan terjadinya perubahan dan perkembangan karena termotivasi oleh pengaruh dari luar sebagai akibat terjadinya interaksi dengan unsur kebudayaan lainnya, ideologi atau penemuan baru. Perubahan tersebut dapat mengakibatkan hilangnya unsur-unsur kebudayaan material yang pernah ada, dipertahankannya unsur-unsur masa lalu dan terjadi proses adaptasi dengan unsur-unsur baru (Pujilaksono, 2009).
Actions (login required)
|
View Item |