A.A Gde, Bagus Udayana, S.Sn., M.Si
(2013)
ESTETIKA PEREMPUAN DALAM IKLAN BANK PUNDI SEBAGAI INDUSTRI BUDAYA.
Documentation.
Isi Denpasar.
Preview |
|
PDF (ESTETIKA PEREMPUAN DALAM IKLAN BANK PUNDI SEBAGAI INDUSTRI BUDAYA)
- Cover Image
Download (48kB)
| Preview
|
Abstract
Iklan dalam pemasaran sebuah perusahan sangatlah penting. Iklan merupakan media komunikasi visual paling populer saat ini dan menjadi media pemasaran paling potensial bagi siapapun, baik individu, perusahaan swasta maupun pemerintah. Dengan iklan diharapkan produk-produk yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut dapat membangkitkan minat masyarakat untuk memiliki atau melakukan tindakan terhadap barang atau jasa yang ditawarkan.Fenomena sosial tentang citra perempuan dalam perspektif gender dalam iklan dapat memicu pro dan kontra dari berbagai kalangan. Hal tersebut merupakan hal yang menarik untuk dicermati karena setiap masyarakat akan mempunyai pandangan yang berbeda terhadap iklan yang ada dalam masyarakat kontemporer. Dalam penelitian ini masyarakat diharapkan mempunyai sensitivitas dan kesadaran gender dan mampu berpikir kritis dan responsif terhadap fenomena disekitarnya. Akhirnya, dalam segala wujud manifestasi kapitalisme, sebuah realitas selalu bisa ditunjuk: di sana ada segelintir elit yang akan mengeruk keuntungan dari suatu lembaga yang dinamakan pasar! Bagaimana ini bisa terjadi? Karena dalam industri budaya, elitlah pihak yang sesungguhnya menjadi penentu standarisasi, dan massifikasi. Dalam konteks industri budaya sebagaimana yang tercermin dalam “pasar”, di sana mereka juga sekaligus menjadi pemegang hegemoni atas selera, preferensi, dan gaya hidup!
Actions (login required)
|
View Item |