ISI Denpasar | Institutional Repository

DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DALAM PROMOSI SANGGAR TARI LOKANANTA DI BR. MUKTI SINGAPADU, SUKAWATI, GIANYAR

I Kadek, Widiarta (2013) DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DALAM PROMOSI SANGGAR TARI LOKANANTA DI BR. MUKTI SINGAPADU, SUKAWATI, GIANYAR. Documentation. Isi Denpasar.

[img]
Preview
PDF (DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DALAM PROMOSI SANGGAR TARI LOKANANTA DI BR. MUKTI SINGAPADU, SUKAWATI, GIANYAR ) - Cover Image
Download (72kB) | Preview

Abstract

Abstrak Sanggar Tari Lokananta merupakan sanggar yang berdiri pada tanggal 24 Januari tahun 2001, pendirinya adalah I Wayan Sutirtha, S.Sn, M.Sn. Latar belakang didirikannya sanggar ini selain untuk lapangan pekerjaan ada hal lain seperti menyalurkan hobi, mengangkat potensi desa singapadu, melakukan pembinaan anak-anak khususnya dilingkungan desa singapadu dan Bali pada umumnya, serta mengarahkan para penari sebagai penari professional. Sanggar ini berlokasi di Br. Mukti Singapadu, Sukawati, Gianyar. Segudang prestasi yang diraih sanggar ini antara lain mendapatkan Piala Bergilir Walikota Denpasar Juara I pada tahun 2002, Penari Terbaik Piala Walikota Denpasar tahun 2003, Piala Tetap Rektor ISI Denpasar tahun 2007, dan masih banyak lagi juara-juara lainnya. Sanggar Tari Lokananta mempunyai kegitan rutin setiap 1 tahun sekali yaitu tes kenaikan tingkat bagi para muridnya. Kurangnya media promosi yang ada menjadi kendala sehingga sanggar Lokananta kurang diketahui masyarakat luas khusunya anak-anak. Desain ini bertujuan untuk memperoleh media komunikasi visual yang efektif, komunikatif dan sesuai kriteria desain untuk melengkapi kegiatan promosi Sanggar Lokananta dan bermanfaat menambah media promosi dan sekaligus lebih memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat luas Melalui metode penelitian, Data-data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, kepustakaan dan dokumentasi di Sanggar Tari Lokananta disesuaikan kembali dengan strategi promosi. Teori yang digunakan dalam studi ini adalah teori komunikasi massa oleh Dominick, teori Semiotika yang digunakan menurut Charles William Morris dan Charles Sanders Peirce serta psikologi warna. Kemudian diolah melalui analisis deskriptif kualitatif dan sintesa sehingga diperoleh konsep dasar desain. “Fun Eklektik” merupakan konsep dasar yang digunakan pada proses desain untuk promosi Sanggar Tari Lokananta. Konsep tersebut sesuai dengan tujuan yaitu keceriaan , menyenangkan yang ingin disampaikan oleh sanggar. Dalam proses desain, telah ditentukan media yang tepat dan sesuai yaitu Website, Umbul-umbul, Spanduk, T-shirt, Tas Kanvas, Leaflet, Piring Merchandise, Pin, Papan Nama, dan Katalog. Kata Kunci : desain, media komunikasi visual, Sanggar Tari Lokananta DESIGN OF VISUAL COMMUNICATION IN PROMOTION SANGGAR TARI LOKANANTA AT BR. MUKTI SINGAPADU, SUKAWATI, GIANYAR Abstract Sanggar Tari Lokananta was build in 24th January 2001, founder were is I Wayan Sutirtha, S.Sn, M.Sn. Background except for this sanggar establishment field work there other things like hobby, lifting the potential for Singapadu Village, doing the guidance of children especially in the Singapadu village an environmental Bali and generally directing the dancers dance as professional. This sanggar location at Br. Mukti Singapadu, Sukawati, Gianyar. This sanggar as myriad winning including Balinese dance get Denpasar mayor championship trophy one glorious in 2002, best dancer trophy mayor of Denpasar in 2003, trophy remained Rector ISI Denpasar in 2007 and there are still many winning. Sanggar Lokananta have daily once of the years rising level activity on the students. Lack of promotional problem so that there be less sanggar Lokananta know the area especially in childrens. Design aims to get effective visual media communications, communicative and appropriate complete design criteria for promotion and promotional activities useful sanggar Lokananta the media and once again to introduce to the public. Through research methods, documents obtained from the results opservasi , interviews, literature dan documentation in Sanggar Tari Lokananta in return match with promotion strategy. Theory that is used in this study by mass communication theory Dominick, semiotics theory in use by Charles William Morris and Charles Sanders Peirce , psychology and color. Later processed through qualitative descriptive analysis and sintesa so get in besic design concepts. “Fun Eclektic” is this besic concept used in the design process for the promotion of Sanggar Tari Lokananta. Concept is consistent with the goal of happiness, fun that you want to convey by the sanggar. In process design, has been determined the right and suitable media Website, Pennants, Banner, T-shirt, Canvas Bag, Leaflet, Merchandise Plate, Pin, Board Name, and Katalog. Keywords: design, media of visual communication, Sanggar Tari Lokananta,

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Design and Visual Communications Department
Depositing User: Mrs Dwi Gunawati
Date Deposited: 10 Jan 2014 01:32
Last Modified: 10 Jan 2014 01:32
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/1832

Actions (login required)

View Item View Item