Kadek , Karina Kurniawan
(2013)
KAMPANYE EDUKASI EKSPLORASI TERUMBU KARANG UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR DI BALI MELALUI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL.
Documentation.
Isi Denpasar.
Preview |
|
PDF (KAMPANYE EDUKASI EKSPLORASI TERUMBU KARANG UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR DI BALI MELALUI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL)
- Cover Image
Download (78kB)
| Preview
|
Abstract
Abstrak
Yayasan Reef Check mengajak masyarakat untuk memberikan perhatian secara serius dan nyata dalam mengelola terumbu karang. Terumbu karang Indonesia khusunya di Bali, kini dalam kondisi yang mengkhawatirkan dimana terjadi kerusakan terumbu karang sekitar 30% dari setiap areal pantai yang ada di Bali. Salah satu bentuk peran aktif yang dilakukan Yayasan Reef Check yaitu melakukan kampanye edukasi Eksplorasi Terumbu Karang untuk anak sekolah dasar di Bali. Hal ini sejalan dengan misi Yayasan Reef Check untuk memberikan penyadartahuan kepada masyarakat tentang ekosistem laut dan pesisir melalui salah satu pilar terpentignnya yaitu edukasi. Target audiens yang dituju adalah anak sekolah dasar, karena pendidikan bagi anak disetujui banyak pihak merupakan strategi yang paling efektif dan sasaran yang paling penting. Hal ini dikarenakan 3 aspek penting yaitu aspek afektif, kognitif, dan motorik manusia berada pada tahap paling produktif, yang memungkinkan pengetahuan serta informasi terbentuk menjadi perilaku positif. Langkah kongkrit yang dilakukan Yayasan Reef Check untuk memberikan edukasi tentang Eksplorasi Terumbu Karang harus diikuti dengan penyampaian pesan dengan baik sehingga menarik untuk dimengerti dan dipahami oleh anak-anak. Dengan berbagai pertimbangan akan pentingnya kampanye Eksplorasi Terumbu Karang maka penulis akan membuat media-media kampanye yang didalamnya berisi informasi yang bersifat edukatif tentang pengenalan dunia terumbu karang dengan cara-cara yang menyenangkan bagi anak. Melalui metode penelitian, data-data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, kepustakaan dan dokumentasi di Yayasan Reef Check disesuaikan kembali dengan strategi kampanye. Teori yang digunakan dalam studi ini adalah teori komunikasi, teori semiotika dan teori psikologis. Kemudian diolah melalui analisis deskriptif kualitatif dan sintesa sehingga diperoleh konsep dasar desain. “Edu-fun”(Education with Fun) merupakan konsep dasar yang relevan digunakan pada proses desain media komunikasi visual untuk kampanye edukasi Eksplorasi Terumbu Karang untuk anak sekolah dasar di Bali. Konsep tersebut merupakan penggambaran dari proses edukasi atau pembelajaran untuk anak dengan cara-cara yang menyenangkan sehingga komunikasi akan berjalan efektif. Dalam proses desain, telah ditentukan media yang tepat dan sesuai yaitu CD-ROM Interaktif, X-Banner, Buku Tulis, Puzzle, Kemasan Pensil Warna, Jadwal Pelajaran, Maskot, T-Shirt, Tas Kain dan Katalog.
Kata Kunci : media komunikasi visual, education with fun, anak sekolah dasar,Yayasan Reef Check
Abstract
Reef Check Foundation invites the public to provide a serious and real concern in managing coral reefs. Indonesia’s Coral reefs especially in Bali, now in an dangerous condition which is the damage of the coral reef about 30% of all coastal areas in Bali. One form of the active role undertaken Reef Check Foundation is doing to education campaigns about Coral Reefs Exploration for elementary school children in Bali. This is in line with the Reef Check Foundation's mission to provide awareness to the public about marine and coastal ecosystems through one of the most important pillars called education. The intended target audience is elementary school children, as education for children is a strategy approved by many of the most effective and important targets. This is due to three important of human aspects, such as affective, cognitive, and motoric are at the most productive stage, which allows the knowledge and information are formed into positive behavior. Taken concrete steps Reef Check Foundation to provide education on Coral Reefs Exploration should be followed by a properly media to deliver message so it can be exciting and fun to be understood by children. With some considerations on the importance of coral reef exploration campaign, the author will make a media campaign which contains information that is instructive about the introduction of the world's coral reefs in ways that are fun for children. Through the research methods, data obtained from the observations, interviews, literature and documentation in Reef Check Foundation adjusted returns with campaign strategy. The theory used in this study is the communication theory, semiotics and theory of psychological theory. Then processed through a qualitative descriptive analysis and synthesis in order to obtain the basic design concept. "Edu-fun" (Education with Fun) is a relevant basic concepts used in the design process of visual communication media for education campaigns of Coral Reefs Exploration for elementary school children in Bali. Basicly, the concept is a depiction of the educational process that fun for children, so the communication will be effective. In the design process, it has been determined that proper and appropriate media such as CD-ROM Interactive, x-banner, writing book, puzzle, pencil colour packaging, lesson schedule, mascot, t-shirt, woven bags and catalog.
Kata Kunci : visual communication design, education with fun, elementary school children,
Reef Check Foundation
Actions (login required)
|
View Item |