ISI Denpasar | Institutional Repository

MEMBANGUN BRANDING PROGRAM STUDI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL ISI DENPASAR MELALUI MEDIA KOMUNIKASI VISUAL

I Putu, Yuda Pratama (2013) MEMBANGUN BRANDING PROGRAM STUDI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL ISI DENPASAR MELALUI MEDIA KOMUNIKASI VISUAL. Documentation. Isi Denpasar.

[img]
Preview
PDF (MEMBANGUN BRANDING PROGRAM STUDI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL ISI DENPASAR MELALUI MEDIA KOMUNIKASI VISUAL) - Cover Image
Download (72kB) | Preview

Abstract

Abstrak Branding adalah upaya aktif membangun sebuah brand sebuah proses pembangunan brand. Brand adalah persepsi, pengalaman, harapan terhadap sebuah produk, jasa, pengalaman, personal, ataupun organisasi; merupakan gabungan dari berbagai atribut, baik secara nyata maupun tidak nyata, disimbolisasikan dalam merek dagang, dan apabila dikelola secara baik akan menciptakan nilai dan pengaruh. Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah salah satu program studi (S1) di ISI Denpasar, Program studi DKV bergabung menjadi ISI Denpasar melalui Surat Keputusan Presiden No: 33 Tahun 2003, tanggal 26 Mei 2003, memuat tentang penggabungan dua lembaga yaitu PSSRD Universitas Udayana dengan Sekolah Tinggi Seni Indonesia Denpasar menjadi satu wadah yaitu ISI Denpasar. PS DKV ISI Denpasar memiliki keunggulan dalam mencetak sumber daya manusia yang berkualitas di bidangnya, dan memiliki banyak program beasiswa untuk mahasiswa, juga di dukung tenaga pengajar yang berkualitas, ruangan kelas yang nyaman untuk kegiatan belajar-mengajar,lab ocal er yang memadai, gedung – gedung yang kental akan nuansa Bali dan fasilitas yang mendukung. Dan semakin banyaknya PS DKV yang bermunculan di kampus lain di Bali membuat PS DKV ISI Denpasar perlu membuat perbedaan dengan membangun branding, jadi PS DKV ISI Denpasar mempunyai ciri khas tersendiri yang menarik minat Target audiens. Menggunakan Melalui metode penelitian, dan data-data yang diperoleh melalui hasil observasi, wawancara, kepustakaan dan dokumentasi di Fakultas Seni Rupa dan Desain. Teori yang digunakan dalam kasus ini adalah teori Semiotik dan strategi IMC(Integrated Marketing Communications). Kemudian diolah melalui analisis data deskriptif kualitatif, sintesa, dan melaui proses brainstorming dan mind maping sehingga diperoleh konsep dasar desain. Konsep dasar yang digunakan untuk membanguhn branding PS DKV ISI Denpasar adalah “Harmony”(antara tradisi local dan modern). Konsep ini diunakan karena sesuai dengan PS DKV ISI Denpasar yang ingin memperlihatkan program studi yang menggunakan teknologi modern dan tidak kehilangan nilai budayanya. Media yang tepat dan sesuai yaitu Maskot (merchandise), folder, CD-ROM Interaktif, tas kain, E-banner, Buku panduan studi, stiker, Umbul-umbul, poster dan Katalog. Kata Kunci : Branding, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Media Komunikasi Visual. Abstract Branding is a one active way to built a brand. Brand is a perception, journey, and hope to a product, services, experience, personal, or organizational; a combination of various attributes, both tangible and intangible, symbolized in a trademark, and if managed well, will create value and influence. Visual Communication Design Studies Program (DKV) is one of the courses (S1) at ISI Denpasar, courses DKV joined the ISI Denpasar through Presidential Decree No: 33 of 2003, dated May 26, 2003, contains about merging the two institutions, namely the University PSSRD Udayana with the College of Arts Indonesia Denpasar into one container that ISI Denpasar. PS DKV ISI Denpasar has advantages in print quality human resource in the field, and have a lot of scholarship programs for students, as well as the support of qualified teachers, classrooms are comfortable for teaching and learning activities, adequate computer labs, buildings throbbing with the feel of Bali and facilities support. And many other campuses in Bali making PS DKV ISI Denpasar need to make a difference by building branding, so PS DKV ISI Denpasar has its own characteristics that appeal to target audience. Using Through the research methods, and data obtained through observations, interviews, literature and documentation in the Faculty of Art and Design. The theory used in this case is a semiotic theory and strategy of IMC (Integrated Marketing Communications). Then processed through a qualitative descriptive data analysis, synthesis, and through the process of brainstorming and mind mapping to obtain the basic design concept. The basic concept used for branding membanguhn PS DKV ISI Denpasar is "Harmony" (between local traditions and modern). Konsep ini diunakan karena sesuai dengan PS DKV ISI Denpasar yang ingin memperlihatkan program studi yang menggunakan teknologi modern dan tidak kehilangan nilai budayanya. Media are right for the Mascot (merchandise), folders, CD-ROM Interactive, cloth bags, e-banners, books study guide, stickers, banners, posters and catalogs. Keywords: Branding, Visual Communication Design Studies Program, Visual Communication Media

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Design and Visual Communications Department
Depositing User: Mrs Dwi Gunawati
Date Deposited: 27 Jan 2014 03:54
Last Modified: 27 Jan 2014 03:54
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/1859

Actions (login required)

View Item View Item