ISI Denpasar | Institutional Repository

PERANCANGAN MEDIA KAMPANYE PENGGUNAAN HELM SAAT BERKENDARA DI DENPASAR

I Gede , Riyan Rahendra (2013) PERANCANGAN MEDIA KAMPANYE PENGGUNAAN HELM SAAT BERKENDARA DI DENPASAR. Documentation. Isi Denpasar.

[img]
Preview
PDF (PERANCANGAN MEDIA KAMPANYE PENGGUNAAN HELM SAAT BERKENDARA DI DENPASAR) - Cover Image
Download (72kB) | Preview

Abstract

Kota Denpasar yang merupakan ibu kota dari propinsi Bali pada saat ini telah mengalami kepadatan penduduk yang tidak terkendali. Banyaknya penduduk yang bermukim menimbulkan banyak kerugian mulai dari pencemaran lingkungan, tingkat kriminalitas yang meningkat, dan kemacetan. Banyaknya populasi kendaraan ini menimbulkan pula begitu banyak masalah. Terutama masalah kecelakaan, dimana kecelakaan yang paling banyak menelan korban adalah kecelakaan berkendara diman korbannya mengalami cidera kepala akibat tidak menggunakan helm saat berkendara. Padahal Memakai helm merupakan salah satu aturan yang wajib kita ikuti jika berkendara. Pemakaian helm memang penting untuk melindungi kepala (terutama organ otak) dalam mengurangi dampak kecelakaan. Maka dari itu dibutuhkan kedaran bagi para masyarakat untuk menggunakan helm saat berkendara. Hasil analisis dan sintesa menunjukkan bahwa masih kurangnya media komunikasi visual sebagai sarana kampanye penggunaan helm, sehingga dengan adanya media kampanye poster, iklan majalah, x- banner, iklan koran, brosur, stiker, pin, gantungan kunci, spanduk, dan katalog diharapkan mampu menyadarkan masyarakat, akan pentingnya penggunaan helm pada saat berkendara demi kenyamanan dan keselamatan bersama. Dari hal tersebut dibutuhkan sebuah konsep dalam perancangannya. Maka diperoleh konsep perancangan media kampanye yaitu modern minimalist, yaitu sebuah desain yang dibuat secara sederhana tanpa begitu banyak ilustrasi, shingga mudah dan jelas untuk dilihat, terkesan tidak ribet, namun tetap menarik dan moderen Setelah diperoleh konsep, maka dilanjutkan dengan menyusun pola pikir dan pola perancangan, menentukan strategi media dan strategi kreatif sebagai dasar merancang media-media terpilih. Perancangan media terpilih dilakukan dengan membuat 3 alternatif desain dan dipilih 1 desain sebagai desain terpilih berdasarkan penilaian kriteria desain dan unsur visual. Dengan adanya perancangan media kampanye “penggunaaan helm saat berkendara di Denpasar”, diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran para masyarakat akan pentingnya menggunakan helm saat berkendara. Sehingga tercipta ketertiban dan kenyamanan serta kamanan dalam berkendara. Sehingga tingkat kecelakaan dapat ditekan dan berkurang. Kata kunci : Kampanye, Helm, Berkendara, Denpasar ABSTRAC Denpasar city which is the capital city of Bali province is now experiencing uncontrolled population density. The number of people living caused many losses ranging from environmental pollution, increasing crime rate, and congestion. The number of vehicle population has led to so much trouble anyway. Especially the crash problem, where the accident is the deadliest driving accident victim Diman head injury due to not using helmets while driving. Whereas Wearing a helmet is one of the rules that we must follow when driving. Use of helmets is important to protect the head (especially the brain organ) in reducing the impact of the accident. Therefore kedaran needed for the public to use helmets while driving. The analysis and synthesis show that there is still a lack of visual communications media as a campaign tool helmet use, so that with the media campaign posters, magazine ads, x-banners, newspaper ads, brochures, stickers, pins, key chains, banners, catalogs and is expected to realize society, the importance of helmet use while driving for comfort and safety. Of it takes a concept in its design. The obtained concept design that is modern minimalist media campaign, which is a simple design made without so many illustrations, shingga easy and clear to see, does not seem complicated, but still attractive and modern Having obtained the concept, then followed by developing patterns of thinking and design, define creative strategy and media strategy as a basis for designing the selected media. Selected media design is done by making alternative designs and selected 3 1 design as the design was selected based on the assessment criteria and elements of visual design. With the design of media campaigns' use of helmets while driving in Denpasar", is expected to grow awareness of the importance of helmet use while driving. So as to create order and comfort as well as kamanan in driving. So the accident rate can be reduced and reduced. Keywords: Campaign, Helm, Driving, Denpasar

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Design and Visual Communications Department
Depositing User: Mrs Dwi Gunawati
Date Deposited: 06 Feb 2014 00:35
Last Modified: 06 Feb 2014 00:35
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/1869

Actions (login required)

View Item View Item