Visita , Purnaprawerthi
(2013)
PERANCANGAN MULTIMEDIA DAN PENDUKUNGNYA SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN ANAK USIA 3 - 6 TAHUN DI DENPASAR.
Documentation.
Isi Denpasar.
Preview |
|
PDF (PERANCANGAN MULTIMEDIA DAN PENDUKUNGNYA SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN ANAK USIA 3 - 6 TAHUN DI DENPASAR)
- Cover Image
Download (68kB)
| Preview
|
Abstract
ABSTRAK
Sebagai lembaga pendidikan, tugas utama Taman Kanak-kanak adalah mempersiapkan anak dengan memperkenalkan berbagai pengetahuan. Pendidikan anak pra sekolah pada usia 3 sampai dengan 6 tahun sangat penting dilakukan, karena pendidikan tersebut merupakan dasar dari pembentukan kepribadian manusia, kecerdasan dan keterampilan. Multimedia merupakan media yang paling efektif untuk pengajaran anak, dimana menekankan gambar, suara dan gerakan yang dikombinasikan dengan typografi dan warna. Anak umumnya kaya dengan fantasi. Anak menyenangi hal yang bersifat imajinatif. Di usia itu, anak cenderung menyukai gambar, suara, dan gerak yang biasanya diaplikasikan pada film kartun.
Dalam merancang media komunikasi visual yang efektif untuk mempromosikan Multimedia Pembelajaran untuk anak usia 3 - 6 tahun di Denpasar melalui proses pada pengerjaan desainnya meliputi pengolahan alternatif desain dan akhirnya menghasilkan desain terpilih dengan visualisasi desainnya berdasarkan ilustrasi, teks/tipografi dan warna. Media-media yang terpilih terdiri dari Animasi, CD interaktif, Video Tutorial, Game, Stiker CD, Packaging, Paper Bag, Stiker, Pin, dan katalog. Adapun konsep dasar dalam merancang media komunikasi visual ini adalah “Fun Edukatif”. Konsep “fun” dipilih karena dunia anak-anak adalah dunia yang ceria, masa bermain, untuk itu perlu dirancang media pembelajaran yang dapat membuat anak-anak tertarik dan merasa gembira.
ABSTRACT
As an educational institution, the main task of kindergarten is to prepare children by introducing a variety of knowledge. Education pre-school children at the age of 3 to 6 years are very important, because education is the basis of the formation of human personality, intelligence and skill. Multimedia is the most effective medium for teaching children, which emphasizes the image, sound and movement combined with typografi and color. Children are generally rich in fantasy. Child enjoys things that are imaginative. At that age, kids tend to like images, sound, and motion that is usually applied to the cartoons.
In designing effective visual communication media to promote the Multimedia Learning for children aged 3-6 years in Denpasar through the process of design work includes the design of alternative processing and ultimately produce design visualizations selected with the design based on illustrations, text / typography and color. Selected media consists of animations, interactive CD, Video Tutorials, Games, CD Stickers, Packaging, Paper Bag, Stickers, Pin, and catalogs. The basic concept in designing visual communications media are "Fun Edukatif". The concept of "fun" was chosen because a child's world is a world of cheerful, period play, it needs to be designed for learning media can make children interested and happy.
Actions (login required)
|
View Item |