ISI Denpasar | Institutional Repository

PROMOSI WISATA ALAM KERAMAS ADVENTURE BALI DENGAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

I Gst Agung , Kusuma Wardana (2013) PROMOSI WISATA ALAM KERAMAS ADVENTURE BALI DENGAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL. Documentation. Isi Denpasar.

[img]
Preview
PDF (PROMOSI WISATA ALAM KERAMAS ADVENTURE BALI DENGAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL) - Cover Image
Download (90kB) | Preview

Abstract

Abstrak Wisata Alam Keramas Adventure Bali yang berdiri pada 28 Desember 2012 lalu, didirikan dengan latar belakang perkembangan pariwisata yang sangat pesat di sekitar wilayah Keramas yaitu dengan telah dibangunnya villa- villa di pesisir pantai, adanya Komune Beach Club, dan adanya Taman Safari. Adanya infrastruktur inilah mendorong tercipta gagasan untuk membangun wisata alam Keramas Adventure Bali. Wisata Alam Keramas Adventure Bali memiliki visi sebagai wisata alam yang memiliki kualitas alam yang sangat indah. Dalam usaha promosi, setiap media komunikasi visual memiliki peranan dan fungsi yang berbeda seperti halnya strategi promosi untuk kemajuan usahanya. Oleh karena itu perlu adanya perencanaan baik secara konseptual maupun visual yang menyesuaikan dengan restoran. Desain ini bertujuan untuk memperoleh media komunikasi visual yang efektif, komunikatif dan sesuai kriteria desain untuk melengkapi kegiatan promosi Wisata Alam Keramas Adventure Bali dan bermanfaat menambah media promosi dan sekaligus lebih memperkenalkan perusahaan kepada wisatawan luas. Melalui metode penelitian, data-data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, kepustakaan dan dokumentasi di Wisata Alam Keramas Adventure Bali disesuaikan kembali dengan strategi promosi. Teori yang digunakan dalam studi ini adalah teori komunikasi massa. Kemudian diolah melalui analisis deskriptif kualitatif dan sintesa sehingga diperoleh konsep dasar desain. “Fun and Sport” merupakan konsep dasar yang relevan digunakan pada proses desain komunikasi visual untuk promosi Wisata Alam Keramas Adventure Bali. Konsep tersebut tidak hanya sebatas tempat olah-raga tetapi juga dengan olah-raga ini wisatawan bisa merasakan senang dan gembira, dan pelayanan serta kualitas yang disediakan oleh Wisata Alam Keramas Adventure Bali mampu memberikan kenyamanan kepada para pengunjung. Dalam proses desain, telah ditentukan media yang tepat dan sesuai yaitu Buku wisata alam Keramas Adventure Bali, Stiker, Folder, Poster, X-Banner, Topi, Umbul-umbul, T-Shirt, Spanduk dan Katalog. Kata Kunci : desain, media komunikasi visual, Wisata Alam Keramas Adventure Bali, Fun and Sport. Abstract Nature tourism Keramas Adventure Bali founded on last December 28, 2012, was set with background of viewing the rapid growth of the area around Keramas territory, that is the building development of many villas around its beach, Commune Beach Club, the Safari park, these infrastructures created an idea to build a Nature tourism Keramas Adventure Bali. Nature tourism of Keramas Adventure Bali has a vision as a very beautiful nature with its high quality. In a promotional effort, every visual communication media has different roles and functions as well as promotional strategies for its business progress. So, the need for planning both conceptually and visually adapts to the restaurant. This design aims to obtain effective visual communication media, communicative and appropriate the design criteria to complete the promotional activities of Nature tourism Keramas Adventure Bali and the same time becomes an addition to the promotion media, in order to introduce the company to the extensive tourists. Through research methods, data obtained from the observations, interviews, literature and documentation in Nature tourism Keramas Adventure Bali adjusted back to the promotional strategy. The theory that used in this study is the theory of mass communication. Then, it processed through a qualitative descriptive analysis and synthesis in order to obtain the basic design concept. "Fun and Sport" is a relevant basic concepts used in the design process of visual communication for the promotion of Nature tourism Keramas Adventure Bali. The concept is not just limited to the place of sport but with the sports, tourists can feel happy and excited, and the service and quality provided by Nature tourism Keramas Adventure Bali able to provide comfort to the visitors. In the design process, it has determined that the proper and suitable media is a guide book of Nature tourism Keramas Adventure Bali, Stickers, Folders, Posters, X-Banners, Hats, high Banners, T-shirts, banners and catalogues. Keywords : design, visual communications media, Nature tourism Keramas Adventure Bali, Fun and Sport.

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Design and Visual Communications Department
Depositing User: Mrs Dwi Gunawati
Date Deposited: 06 Feb 2014 00:53
Last Modified: 06 Feb 2014 00:53
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/1871

Actions (login required)

View Item View Item