I Made Gede , Indrawan
(2013)
RANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI PROMOSI WISATA BUDAYA SAHADEWA BARONG AND KERIS DANCE DI BATUBULAN.
Documentation.
Isi Denpasar.
Preview |
|
PDF (RANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI PROMOSI WISATA BUDAYA SAHADEWA BARONG AND KERIS DANCE DI BATUBULAN)
- Cover Image
Download (141kB)
| Preview
|
Abstract
Rancanagan Media Komunikasi Visual adalah suatu bentuk visual dan ekspresi grafis dari image suatu perusahaan atau organisasi. Sebagai bentuk visual, identitas perusahaan menampilkan simbol yang mencerminkan image yang hendak disampaikan. Salah satu aspek desain komunikasi visual adalah mempromosikan barang dan jasa secara komersil melalui media komunikasi visual untuk mencapai tujuan. Sahadewa Barong and Keris Dance yang beralamat di jalan SMKI No 25 Batubulan, Gianyar, yang berdiri pada tahun 1972 yang mementaskan tari barong secara komersil. Melihat menurunjya kunjungan wisatawan ke Sahadewa Barong and Keris Dance dan banyak bermunculan pesaing, diperlukan usaha kreatif yang untuk melakukan promosi mengingat media promosi yang ada pada Sahadewa Barong and Keris Dance sangat sedikit. Maka timbul pertanyaan bagaimana membuat Sahadewa Barong and Dance kemabali diminatai oleh wisatawan melalui perancangan media komunikasi visual yang sesuai dengan kreteria desain?. Melalui media komunikasi visual yang dirancang diharapkan wisatawan lebih mengenal Sahadewa Barong and Keris Dance dan berkunjung untuk menyaksikan tarian Barong.
Metode yang digunakan dalam perancangan ini menggunakan metode pengumpulan data, yang terdiri dari metode observasi, wawancara, kepustakaan, dokumentasi dan internet. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisa menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Media yang dibuat untuk mempromosikan Sahadewa Barong and Keris Dance terdiri dari Neon box, Poster, Sinopsis, Spanduk, Stiker, Penunjuk arah, Umbul-umbul, Postcard, X-banner dan Katalog. Konsep dasar perancangan yang digunakan yaitu “Simpel Harmonis” dengan menonjolkan unsur kesederhanaan dan ilustrasi fotografi. Melalui media promosi yang dirancang diharapkan menimbulkan daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Sahadwa Barong and Keris Dance sehingga dapat menjaga eksistensi dalam menghadapi pesaingnya.
Kata Kunci :Media Komunikasi Visual, Sahadewa Barong and Abstract
Visual communication medium is ar visual and grafis expresion from the image af the company ar organisation. As a visual identiti of the company repersents a simbol descries image that want to inforaed. One af aspect visual comunication medium is to promote goods and to reached the purosed. Sahadewa Barong and Keris Dance its addresed at SMKI street no 25, Batubulan Gianyar, established on 1972 whien represented Barong dance as a commersial. The visitor of Sahadewa Barong and Keris Dance is now rapidly grow and dueto many competitor, need creatieeffan to promoteconsidering promotion media on Sahadewa Barong and Keris Dance is less than soul de. Then the a isueshin is how to make Sahadewa Barong and Keris Dance remain popular betueen the touris?. By Desain Visual Communication medium matching with design creteria. By Visual Desain Communication Medium made be expected the tourism more close to know Sahadewa Barong and Keris Dance and to visit and waching Barong dance.
This Medium use method collecting data whieh consist oof abservasion method, interview, library, dowmentation and intenet. From abttained data later then analysed use deseriphie method qualitatif.
The Media to be used to promoted Sahadewa Barong and Keris Dance wnsist af neon box, poster, Sinopsis, Spanduk, stiker, Direction, umbrella, postcard, X-banner and catalog. The elemantay concept to be used that is “Simpele Harmony” which showing ordinary elemant and fotografiillustration. By medium desaign promote are expectted to get more affat frome the tourist to visit Sahadewa Barong and Keris Dance then we keep ar existensi against to the competitor.
Keywords: Visual Communication Medium, Sahadewa Barong and Keris Dance.
Actions (login required)
|
View Item |