ISI Denpasar | Institutional Repository

DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK MEDIA PROMOSI GALERI DAN WORKSHOP KITES CENTER DI BR. CEMENGGAON, CELUK, SUKAWATI

I Gede, Eka Umawan (2015) DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK MEDIA PROMOSI GALERI DAN WORKSHOP KITES CENTER DI BR. CEMENGGAON, CELUK, SUKAWATI. Documentation. ISI Denpasar.

[img]
Preview
PDF (DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK MEDIA PROMOSI GALERI DAN WORKSHOP KITES CENTER DI BR. CEMENGGAON, CELUK, SUKAWATI) - Cover Image
Download (128kB) | Preview

Abstract

Kites Centre merupakan sebuah galeri dan tempat workshop yang memajang dan membuat produk untuk dijual berupa layang-layangan kreasi yang beralamat di Jln. Raya Celuk, No 34, Banjar Cemenggaon, Celuk, Sukawati. Adapun jenis layang-layang yang dibuat adalah berupa layang-layang kreasi dengan lukisan pada layang –layang tersebut. Industri kerajinan ini telah dikerjakan oleh keluarga Bapak Ketut Bambang Suardhana yang sudah mengerjakan kerajinan layang-layang kreasi ini sejak tahun 1994 namun pada tahun 2002 terjadinya tragedi Bom Bali I dan tahun 2005 terjadinya tragedy bom Bali II menyebabkan keterpurukan pariwisata di Bali yang berpengaruh pada omset penjualan kerajinan layangan di Galeri Kites Centre yang mengalami penurunnan dan menyebabkan hilangnya perkerjaan terhadap masyarakat sekitar yang ikut bekerja di tempat pembuatan layangan-layangan Galeri Kites Centre ini. Untuk itu peran desainer sebenarnya dapat memperbaiki keadaan tersebut dengan mempromosikan kembali Galeri Kites Centre melalui media desain komunikasi visual. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk proses perancangan terdiri dari metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisa menggunakan metode analisis data SWOT. Media yang dibuat untuk mempromosikan Galeri dan workshop Kites Centre sebagai penghasil seni kerajinan layangan-layangan yang beralamat di Banjar Cemenggaon, Celuk, Sukawati ini terdiri dari Leaflet, Website, Katalog Galeri, X-Banner, Stiker, Emblem Topi Bucklet, Roll Tali, Gantungan Kunci, Car Branding, Hang Tag dan Katalog. Dengan konsep dasar perancangan yaitu “ Fun meet Classic / Kesenangan bertemu dengan klasik” yang nantinya sebagai konsep perancangan media promosi Galeri dan Workshop Kites Centre dimana media yang digunakan dikemas dengan ilustrasi dan warna yang menyenangkan yang nantinya dapat menarik minat audience. Kata Kunci : Galeri dan Workshop Kites Centre, Desain Komunikasi Visual, Industri Kreatif.

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Design and Visual Communications Department
Depositing User: Mrs Dwi Gunawati
Date Deposited: 12 Oct 2015 05:33
Last Modified: 12 Oct 2015 05:33
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/2142

Actions (login required)

View Item View Item