ISI Denpasar | Institutional Repository

IDENTITAS BUDAYA LOKAL PADA UNSUR VISUAL DESAIN POSTER KELUARGA BERENCANA BKKBN PROVINSI BALI

Ni Ketut, Pande Sarjani and Eldiana, Tri Narulita, S.Sn., M.Sn (2015) IDENTITAS BUDAYA LOKAL PADA UNSUR VISUAL DESAIN POSTER KELUARGA BERENCANA BKKBN PROVINSI BALI. Segara Widya, 3 (1). pp. 500-509. ISSN 2354-7154

[img]
Preview
PDF (IDENTITAS BUDAYA LOKAL PADA UNSUR VISUAL DESAIN POSTER KELUARGA BERENCANA BKKBN PROVINSI BALI) - Cover Image
Download (3MB) | Preview

Abstract

Sebagai wujud pelestarian budaya, penggunaan identitas budaya Bali di lakukan di berbagai sektor, mulai dari arsitektur, tempat-tempat wisata, sampai pada media iklan. Salah satu media kampanye yang menerapkan identitas budaya lokal adalah poster Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera BKKBN Provinsi Bali. Poster adalah media kampanye yang dipilih BKKBN untuk mensosialisasikan semua program-programnya. Namun poster yang dibuat tidak menerapkan kriteria desain dan prinsip-prinsip desain, tentu saja hal ini dapat mempengaruhi keefektifan kegiatan kampanye. Untuk itu menarik sekali jika dibahas mengenai identitas budaya lokal beserta penerapan prinsip-prinsip desain dan kriteria desain pada desain poster Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera BKKBN Provinsi Bali. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan identitas budaya lokal, prinsip-prinsip desain dan kriteria desain pada poster poster KB pada BKKBN Provinsi Bali Untuk mencapai tujuan penelitian ini, maka digunakan teori semiotika untuk mencari tanda-tanda budaya yang ditampilkan poster, teori estetika untuk mencari nilai estetis yang diterapkan dari poster ini dan teori desain komunikasi visual untuk membedah penerapan kriteria desainnya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Pada desain poster yang dibuat BKKBN, identitas budaya lokal diterapkan pada ilustrasi dan teksnya. Prinsip-prinsip desain yang semestinya diterapkan agar poster memiliki nilai estetis diabaikan, begitu juga kriteria desain yang semestinya diterapkan untuk efektifitas jalannya kampanye juga diabaikan, hanya 2 kriteria desain saja yang terpenuhi dari 10 kriteria desain yang ada yaitu surprise dan kreatif. Kata kunci : Identitas Budaya Lokal, Unsur-unsur Visual, Poster Keluarga Berencana, BKKBN Provinsi Bali

Item Type: Article
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Design and Visual Communications Department
Depositing User: Mrs Dwi Gunawati
Date Deposited: 21 Apr 2016 07:46
Last Modified: 21 Apr 2016 07:46
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/2210

Actions (login required)

View Item View Item