I Wayan, Rai. S and I Made, Kartawan and I Gde Made , Indra Sadguna and I Gde Agus, Jaya Sadguna and I Gusti Ayu, Srinatih
(2011)
REBAB DALAM SENI PERTUNJUKAN BALI.
Rebab Dalam Seni Pertunjukan Bali, 1
.
ISI Denpasar, UPT. Penerbitan Institut Seni Indonesia Denpasar, Jalan Nusa Indah Denpasar.
ISBN 978-602-9164-05-3
Abstract
Rebab merupakan satu – satunya instrumen ber-dawai pada instrumentasi gamelan Bali yang didominasi oleh instrumen perkusi yang terbuat dari perunggu, besi, kayu, maupun bambu. Etnografi merupakan sebuah penelitian yang dilakukan di lapangan dengan komunitas alami / asli (bukan dilaboratorium / buatan) dan mementingkan participant observation, pendekatan yang dilakukan dengan mempraktekkan secara langsung hal yang mau diteliti / dipelajari (Nettl, 2000). Mempelajari rebab, tidak bisa lepas dari manusia sebagai pelaku utamanya yaitu sebagai pembuat dan pemain rebab. Etnografi dipilih karena karakter hubungan ini. Disamping itu, kelangkaan pemain dan pembuat rebab membuat penelitian etnogarfi penting dilakukan. Pada pembahasan pendekatan etnografi ditekankan betapa pentingnya embodiment pada setiap analisa yang dilakukan. Pada pembahasan tentang sejarah rebab, dicoba untuk mencari awal munculnya rebab di Bali. Tinjauan organologi rebab : deskripsi fisik, cara pembuatan rebab, teknik memainkan pemeliharaan rebab.
Actions (login required)
|
View Item |