ISI Denpasar | Institutional Repository

Design And Aesthetic Elements of Outdoor Visual Communication Media in Denpasar City

I Putu, Arya Janottama (2013) Design And Aesthetic Elements of Outdoor Visual Communication Media in Denpasar City. Mudra (JURNAL SENI BUDAYA) Jurnal Of Art And Culture, 28 (3). pp. 300-306. ISSN 0854-3461

[img]
Preview
Image (JPEG) (Design And Aesthetic Elements of Outdoor Visual Communication Media in Denpasar City) - Cover Image
Download (217kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah kajian tentang media komunikasi visual outdoor (billboard, baliho, spanduk) di Kota Denpasar yang difokuskan pada dua hal yaitu elemen desain dan estetika. Elemen desain merupakan bagian vital yang membentuk sebuah desain, begitu juga dengan estetika yang memberikan nilai-nilai keindahan dalam sebuah media komunikasi visual outdoor. Di Kota Denpasar, media komunikasi visual outdoor diletakkaan di pinggir jalan dan di atas gedung, yang keberadaannya tidak terlepas dari berbagai kebutuhan. Sebagai media informasi, pada media komunikasi visual outdoor juga ditemukan permasalahan terkait keberadaannya yang semrawut serta jauh dari kesan keindahan. Melalui elemen desain yang tepat dan nilai-nilai estetika didalamnya, media komunikasi visual outdoor akan bermanfaat sekaligus tidak merusak pemandangan kota yang ada. Mencermati kondisi yang terjadi di atas, dua permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah elemen desain dan estetika media komunikasi visual outdoor. Untuk menjawab permasalahan yang ada, dibedah menggunakan teori desain komunikasi visual dan teori estetika klasik dengan metode kualitatif. Dalam kajian ini ditemukan elemen desain terdiri dari ilustrasi, teks, tipografi, warna serta layout yang menyusun media komunikasi visual outdoor sesuai dengan isi pesan yang disampaikan. Estetika media komunikasi visual outdoor dipengaruhi dari dalam desain terkait elemen estetikanya dan di luar desain itu sendiri, seperti alam, rambu lalulintas dan media informasi lain, kemudian perlunya prinsip desain berupa ritme, kesatuan, dominasi, keseimbangan, proporsi, kesederhanaan, dan kejelasan, dijadikan acuan dalam mendesain media komunikasi visual outdoor yang dapat memberikan kenikmatan pembaca terkait dengan indera mata secara visual. Dapat disimpulkan bahwa media komunikasi visual outdoor dengan elemen desain yang tepat akan menjadi media promosi yang efektif. Dengan estetika media komunikasi visual outdoor tidak merusak pemandangan, dan mendukung Kota Denpasar sebagai kota yang berwawasan budaya Bali. Kata kunci: elemen desain, estetika, media komunikasi visual outdoor This study about outdoor visual communications media (billboard, baliho, banner) in town of Denpasar which focussed at two matter they are element of design and esthetics. Element of design represent vital shares which form a design, so also with esthetics giving values of is beauty in it. Outdoor visual communications media In town of Denpasar set up on beside of the road and above building, which existence is not quit of various requirement. Besides as information media, outdoor visual communications media still found by many problems which make clash and also far from impression of beauty. The good outdoor visual communications media by element of design and esthetics able to give information same time not destroy view of existing town. Formulated by two problem of this study that is element of design and esthetics, using by visual communications design theory and classic of esthetics theory to analyze whit qualitative method. In this study is found by element of design which consist of illustration, text, tipografi, colour and also layout compiling outdoor visual communications media as according to message content to be submitted. Later then visual communications media esthetics of outdoor influenced by various factor. Principal of desain in the form of ritme, unity, predominate, balance, proportion, moderation, and clarity, made by reference in visual communications media design of outdoor able to give reader freshment related to eye of visually. This study conclude that outdoor visual communications media with element of desain correct in it will become effective promotion. With esthetics outdoor visual communications media not destroy view, and support town of Denpasar as town which with vision of Balinese culture. Keyword: element of desain, esthetics, outdoor visual communications media

Item Type: Article
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Publication Unit > Journal > Mudra Journal
Depositing User: Mrs Dwi Gunawati
Date Deposited: 04 May 2016 06:29
Last Modified: 04 May 2016 06:33
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/2236

Actions (login required)

View Item View Item