ISI Denpasar | Institutional Repository

DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA PROMOSI JAJAN LAPIS KARET DESA DAUH PALA TABANAN BALI

Prima, Novando Pek (2016) DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA PROMOSI JAJAN LAPIS KARET DESA DAUH PALA TABANAN BALI. Documentation. ISI Denpasar.

[img]
Preview
PDF (DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA PROMOSI JAJAN LAPIS KARET DESA DAUH PALA TABANAN BALI) - Cover Image
Download (94kB) | Preview

Abstract

Jajanan merupakan salah satu komponen penting khususnya di Bali, begitu juga dengan jajan lapis karet desa Dauh Pala Tabanan Bali, bukan saja karena jajan lapis karet memiliki rasa dan penampilannya yang unik, melainkan jajanan ini sangat erat hubungannya dengan tradisi dan budaya masyarakat timur. Menurut bapak Sien Lik jajan lapis karet mulai dipasarkan pada tahun 1992, berawal dari menjual jajanan bakpao yang tidak bertahan lama, kemudian bapak Sien Lik memulai untuk berdagang jajan lapis karet. Jajan lapis karet sendiri merupakan julukan yang diberikan oleh masyarakat Tabanan, dikarenakan jajan lapis milik bapak Sien Lik memiliki kekenyalan yang mirip dengan karet gelang, dikarenakan bahan dasar untuk membuat jajan lapis karet menggunakan tepung sagu Metode yang digunakan untuk proses perancangan terdiri dari metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisa menggunakan metode analisis SWOT. Target sasaran yang diinginkan yaitu remaja dan dewasa (remaja 15-25 tahun) & (dewasa 26-50 tahun), lokasi pengambilan objek kasus, dan peranan jajanan di desa Dauh Pala Tabanan, maka strategi yang digunakan dalam mempromosikan jajan lapis karet ini adalah dengan menggunakan media sosial (Internet) dan beberapa media pendukung sebagai sarana promosi jajan lapis karet ini. Untuk itu desainer berperan dalam perancangan media promosi jajan lapis karet melalui media komunikasi visual yang efektif dan inovatif dengan konsep perancangan nature and modern. Media yang dibuat untuk mempromosikan jajan lapis karet desa Dauh Pala Tabanan ini antara lain Logo, Packaging, Paper Bag, X-Banner, Celemek, Etalase, T-Shirt, Mug, Web Banner, dan Katalog Karya yang tentunya beracuan dengan konsep perancangan nature and modern pada desain media untuk mempromosikan jajan lapis karet yang dikemas dengan menggunakan ilustrasi fotografi, goresan tangan, dan ilustrasi gabungan sehingga mampu menarik minat auidens. Kata Kunci : Jajanan, Lapis Karet Tabanan, dan Desain Komunikasi Visual. ABSTRACT Title: DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI SARANA PROMOSI JAJAN LAPIS KARET DESA DAUH PALA TABANAN BALI By: Prima Novando Pek 2011 06 082 Snacks is one of the important component especially in Bali, so is Lapis Karet from Dauh Pala Village, Bali, Tabanan, not only because Lapis Karet own a unique flavour and apprearance, except for this snack has very tight relations with tradition and east people culture. According to Mr. Sien Lik, Lapis Karet start to be marketed at year 1992, began from selling bakpao that last not for long, then Mr Sien Lik started to selling Lapis Karet. Lapis Karet itself is a shortname that given by Tabanan's people, because of Mr. Sien Lik's Lapis Karet has a springiness that like rubberband, because basic ingredient to make Lapis karet used sago flour. Method that been used for design process conclude from observation method, interview, and documentation. From the collected data then being analysed by using SWOT analysis method. From the target who from 15 to 50 years old, location of the case, and snacks role in Dauh Pala Village, Tabanan, the strategy that is used to promoting Lapis Karet is using social media and some support media as promotion media for this Lapis Karet. For that designer play a role in designing promotion media of Lapis Karet through effective and innovative visual communication media with nature and modern design concept. Media that designed to promote Lapis Karet Dauh Pala Village, Tabanan are logo, packaging, paper bag, x-banner, apron, display window, T-shirt, mug, web banner, and catalog that of course use nature and modern design concept as the basic on media design to promote Lapis Karet that packed by using photographic illustration, free hand, and combination illustration so that able to attract audience’s attention. Key words : Snacks, Lapis Karet Tabanan, and Visual Communication Design

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Fine Arts and Design Faculty > Design and Visual Communications Department
Depositing User: Mrs Dwi Gunawati
Date Deposited: 13 Jul 2016 00:32
Last Modified: 13 Jul 2016 00:32
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/2277

Actions (login required)

View Item View Item