I Made, Erik Awan
(2016)
ARTIKEL KARYA SENI
FUNGSI DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM SENI PERTUNJUKAN CEPUNG
DI DESA JAGARAGA, KECAMATAN KURIPAN, KABUPATEN LOMBOK BARAT.
Documentation.
ISI Denpasar.
Preview |
|
PDF (ARTIKEL KARYA SENI FUNGSI DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM SENI PERTUNJUKAN CEPUNG DI DESA JAGARAGA, KECAMATAN KURIPAN, KABUPATEN LOMBOK BARAT)
- Cover Image
Download (107kB)
| Preview
|
Abstract
ABSTRAK
Cepung di Desa Jagaraga merupakan sebuah seni teater rakyat yang hingga kini masih dipertahankan keberadaannya dan dipentaskan pada acara-acara tertentu. Cepung ini memiliki keunikan yang pada saat pementasannya menggunakan Lontar Monyeh sebagai lakon atau cerita utamanya. Melihat adanya keunikan tersebut, diharapkan kesenian Cepung dapat dilestarikan dan seharusnya ada dokumentasi. Penelitian ini penting untuk dilakukan guna menghasilkan dokumentasi dalam pelestarian kesenian Cepung di Desa Jagaraga. Dua permasalahan pokok yang dikaji yaitu, fungsi dan nilai pendidikan. Untuk mengkaji fungsi dan nilai pendidikan seni pertunjukan Cepung bagi kehidupan masyarakat Desa Jagaraga menggunakan pendekatan kualitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan teknik dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teori Fungsi, teori Nilai, dan teori Pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesenian Cepung merupakan sebuah bentuk kesenian rakyat yang dipentaskan oleh 8 orang pemain dengan menonjolkan pada aspek-aspek budaya Sasak melalui penggunaan Lontar Monyeh yang disajikan secara mabebasan. Dilihat dari fungsinya, kesenian Cepung pada umumnya digunakan sebagai sarana hiburan pribadi dan masyarakat umum. Selain itu, kesenian Cepung juga dapat berfungsi sebagai alat pemersatu, media propaganda, dan cerminan identitas budaya lokal. Adapun nilai pendidikan yang terkandung dalam seni pertunjukan Cepung yaitu; nilai pendidikan agama, nilai pendidikan etika/moral, nilai pendidikan sosial, dan nilai pendidikan budaya.
Kata Kunci: Cepung, Fungsi, Nilai, dan Pendidikan
Actions (login required)
|
View Item |