ISI Denpasar | Institutional Repository

ARTIKEL KARYA SENI PEMBELAJARAN TARI PUSPANJALI LEWAT RANGSANG TARI KINESTETIK BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNARUNGU) DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI (SLBN) BANGLI

Ni Komang, Ari Rani Parwati (2016) ARTIKEL KARYA SENI PEMBELAJARAN TARI PUSPANJALI LEWAT RANGSANG TARI KINESTETIK BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNARUNGU) DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI (SLBN) BANGLI. Documentation. ISI Denpasar.

[img]
Preview
PDF (ARTIKEL KARYA SENI PEMBELAJARAN TARI PUSPANJALI LEWAT RANGSANG TARI KINESTETIK BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNARUNGU) DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI (SLBN) BANGLI) - Cover Image
Download (107kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Bangli merupakan sekolah yang diperuntukkan bagi siswa berkebutuhan khusus dalam upaya melestarikan kebudayaan daerah Bali dan mengembangkan bakat menari siswa tunarungu di SLBN Bangli. Sekolah ini melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler tari yang dilaksanakan seminggu sekali pada hari Kamis. Salah satu materi yang diajarkan adalah tari Puspanjali yang merupakan tari penyambutan. Tujuan diajarkannya tari Puspanjali untuk mengenalkan kepada siswa tunarungu dengan teknik dan gerak yang baik dan benar, selain itu, siswa tunarungu akan memperoleh pengalaman dari pementasan tari yang dilakukan sehingga dapat dijadikan motivasi bagi siswa tersebut untuk berkreativitas lewat tari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan 2 (dua) pokok bahasan yaitu proses pembelajaran dan faktor yang mempengaruhi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan yaitu teori pembelajaran, estetika dan rangsang tari. Sumber data penelitian diperoleh dari data primer dan sekunder. Proses pembelajaran tari Puspanjali di SLBN Bangli dilaksanakan dengan 4 tahapan yaitu; persiapan, penyampaian, pelatihan dan evaluasi. Tahap pelatihan atau praktik tari Puspanjali, cenderung dipengaruhi oleh rangsang tari kinestetik dikarenakan kemampuan siswa yang mengalami gangguan pada pendengarannya sehingga dalam proses pembelajaran tari Puspanjali ini diperlukan adanya rangsang tari kinestetik untuk mendorong semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu saat pelatihan guru menggunakan bantuan bahasa isyarat atau kode-kode tangan tertentu yang berguna untuk membantu proses pembelajaran sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Evaluasi pada proses pembelajaran ini menggunakan tes praktik yang dinilai selama proses pembelajaran. Tahap-tahap pembelajaran dipaparkan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran tari Puspanjali. Kata Kunci : Proses Pembelajaran, Tari Puspanjali, Rangsang Tari Kinestetik.

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Performing Arts Faculty > Theatre Dance and Music
Depositing User: Mrs Dwi Gunawati
Date Deposited: 04 Jul 2017 07:43
Last Modified: 04 Jul 2017 07:43
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/2422

Actions (login required)

View Item View Item