ISI Denpasar | Institutional Repository

NILAI-NILAI PENDIDIKAN DAN MARGINALISASI DRAMATARI GAMBUH DI DUSUN BUDAKELING, DESA BUDAKELING, KECAMATAN BEBANDEM, KABUPATEN KARANGASEM

I Wayan, Mahapapma Jelantik (2016) NILAI-NILAI PENDIDIKAN DAN MARGINALISASI DRAMATARI GAMBUH DI DUSUN BUDAKELING, DESA BUDAKELING, KECAMATAN BEBANDEM, KABUPATEN KARANGASEM. Documentation. ISI Denpasar.

[img]
Preview
PDF (NILAI-NILAI PENDIDIKAN DAN MARGINALISASI DRAMATARI GAMBUH DI DUSUN BUDAKELING, DESA BUDAKELING, KECAMATAN BEBANDEM, KABUPATEN KARANGASEM) - Cover Image
Download (26kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK NILAI-NILAI PENDIDIKAN DAN MARGINALISASI DRAMATARI GAMBUH DI DUSUN BUDAKELING, DESA BUDAKELING, KECAMATAN BEBANDEM, KABUPATEN KARANGASEM Dramatari Gambuh merupakan sebuah kesenian yang dianggap sebagai sumber dari segala seni pertunjukan yang muncul kemudian seperti dramatari arja, topeng dan lain sebagainya. Dramatari Gambuh khususnya di Budakeling merupakan kesenian yang adiluhung dengan kandungan nilai-nilai pendidikan di dalamnya. Namun dewasa ini kesenian ini mengalami keterpurukan dan dianggap hampir punah di Budakeling. Untuk itu penelitian ini perlu dilakukan guna mengetahui nilai-nilai pendidikan yang terkandung serta hal yang menyebabkan keterpurukan/ keterpinggiran (marginalisasi) dramatari Gambuh di Budakeling, dengan mengangkat tiga permasalahan pokok, yaitu: nilai-nilai pendidikan, bentuk marginalisasi dan faktor marginalisasi. Untuk mengkaji nilai-nilai pendidikan, bentuk marginalisasi, serta faktor marginalisasi dramatari Gambuh di Budakeling dipergunakan metode kualitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tehnik wawancara, tehnik studi kepustakaan, dan tehnik dokumentasi, kemudian dianalisis dengan mempergunakan teori Pendidikan Klasik, teori Nilai Pendidikan dan teori Marginalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam dramatari Gambuh di Budakeling jika dilihat dari prosesi pertunjukan, tata tata rias, lakon, karakter dan bahasa yang digunakan akan didapatkan empat nilai pendidikan yang terkandung didalamnya yakni, nilai pendidikan religius, nilai pendidikan moral nilai pendidikan karakter dan nilai pendidikan sosial. Keterpinggiran/ marginalisasi dramatari Gambuh dapat dilihat dari menurunnya nilai-nilai tradisi di masyarakat, tergesernya kesenian tradisi dramatari Gambuh di Budakeling, dan penyempitan ruang pentas dramatari Gambuh di Budakeling. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu kurangnya minat masyarakat, kuarangnya sikap terbuka, kurangnya bantuan dari pemerintah serta faktor ekonomi masyarakat Budakeling yang semakin kompleks. Kata Kunci: Dramatari Gambuh, nilai-nilai pendidikan, marginalisasi. ABSTRACT VALUE EDUCATION AND MARGINALIZATION DRAMATARI GAMBUH IN BUDAKELING, BUDAKELING VILLAGE, DISTRICT BEBANDEM, KARANGASEM REGENCY Dramatari Gambuh is an art which is considered as the source of all the performing arts that emerged later as dramatari arja, mask and so forth. Dramatari Gambuh particularly in Budakeling is the valuable art with the content of educational value in it. But today this art crash and is considered endangered in Budakeling. For this study needs to be conducted to determine the educational values embodied and things that cause marginalization dramatari Gambuh in Budakeling, with raised three key issues, namely: the values of education, forms of marginalization and marginalization factor. To assess the value of education, forms of marginalization, as well as factors marginalization dramatari Gambuh in Budakeling used qualitative methods and data collection is done by observation, interview techniques, technical literature studies, and technical documentation, and then analyzed by using the theory of Education Classical theory of Value Education and the theory of marginalization.The results showed that the values of education contained in dramatari Gambuh in Budakeling when viewed from the procession of the show, hairdressing cosmetology, the play, the characters and the language used will be obtained four educational value contained therein namely, the value of religious education, the educational value of moral values character education and social educational value. Marginalization can be seen from the decline of traditional values in society, displacement of traditional art dramatari Gambuh in Budakeling, and narrowing of the performance space dramatari Gambuh in Budakeling. It is caused by several factors, namely the lack of community interest, lack of openness, the lack of support from the government as well as economic factors Budakeling an increasingly complex society. Keywords: Dramatari Gambuh, values education, marginalization.

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Performing Arts Faculty > Theatre Dance and Music
Depositing User: Mrs Dwi Gunawati
Date Deposited: 28 Sep 2017 00:44
Last Modified: 28 Sep 2017 00:44
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/2437

Actions (login required)

View Item View Item