ISI Denpasar | Institutional Repository

ANALISIS TARI PUSPANJALI SEBAGAI MATERI DASAR PEMBELAJARAN TARI BALI PUTRI PADA ANAK USIA DINI DI SANGGAR TARI

Ni Made, Mirah Andriyani (2017) ANALISIS TARI PUSPANJALI SEBAGAI MATERI DASAR PEMBELAJARAN TARI BALI PUTRI PADA ANAK USIA DINI DI SANGGAR TARI. Documentation. ISI Denpasar.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS TARI PUSPANJALI SEBAGAI MATERI DASAR PEMBELAJARAN TARI BALI PUTRI PADA ANAK USIA DINI DI SANGGAR TARI) - Cover Image
Download (90kB) | Preview

Abstract

Abstrak Pembelajaran tari pada setiap lembaga atau sanggar sangat bervariasi, namun ada satu hal menarik yang patut dicermati yaitu bagaimana cara memulai melatih tari khususnya bagi anak-anak usia dini. Tari Puspanjali sebagai materi dasar dalam pembelajaran tari Bali di Sanggar, karena gerak tarinya sangat sederhana, durasi tarian kurang dari lima menit, dan mudah ditiru oleh anak. Ada tiga permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu (1) bentuk tari Puspanjali berupa tari penyambutan sebagai ungkapan selamat datang yang ditarikan oleh kelompok penari putri. Struktur tarian ini menyesuaikan dengan struktur gending, yang meliputi bagian pengawit, pepeson, pengawak, pengecet dan pekaad (2) alasan tari Puspanjali digunakan sebagai materi dasar pembelajaran tari Bali putri pada anak usia dini di sanggar tari; (3) proses pembelajran tari Puspanjali sebagai materi dasar pembelajaran tari Bali putri pada anak usia dini di sanggar tari. Teori yang digunakan dalam membedah ketiga rumusan masalah ini adalah teori bentuk, teori estetika dan teori perkembangan dan pendidikan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian multisitus dan berpendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara serta studi kepustakaan dan dianalisis secara deskriptif melalui tiga jalur kegiatan yaitu: (1) reduksi; (2) penyajian data; (3) Verivikasi Hasil penelitian yang diperoleh: Pertama, tari Puspanjali berbentuk tari penyambutan sebagai ungkapan selamat datang yang ditarikan oleh kelompok penari putri. Struktur tarian ini menyesuaikan dengan struktur gending, yang meliputi bagian pengawit, pepeson, pengawak, pengecet dan pekaad. Keseluruhan elemen-elemen tari pada tari Puspanjali tentu memiliki hubungan dengan ide dan konsep sehingga menjadi satu kesatuan utuh yang saling melengkapi. Secara spesifik, bentuk elemen-elemen seni tari dalam tari Puspanjali dapat dilihat dari struktur dan perbendaharaan gerak tari, tata rias, tata busana serta musik iringan tari. Kedua alasan tari Puspanjali digunakan sebagai materi dasar pembelajaran tari Bali putri pada anak usia dini, karena terdapat kesederhanaan, nilai keindahan serta kesesuainnya dengan karakter anak usia dini. Ketiga, Proses pembelajaran tari Puspanjali sebagai materi dasar pembelajaran tari Bali putri pada anak usia dini dimulai dari kegiatan perencanaan, pelaksaanan, sampai tahap evaluasi. Strategi pembelajaran yang dilakukan sanggar mencakup tujuan, materi, metode, media dan evaluasi. Kata kunci : Pembelajaran, Tari Puspanjali, Pendidikan Anak Usia Dini

Item Type: Monograph (Documentation)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Postgraduate
Depositing User: Mrs Dwi Gunawati
Date Deposited: 28 Sep 2017 04:31
Last Modified: 28 Sep 2017 04:31
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/2444

Actions (login required)

View Item View Item