ISI Denpasar | Institutional Repository

Kajian Konsep, Estetik dan Makna pada Ilustrasi Rangda Karya Monez

Gede, Bayu Segara Putra and I Nyoman, Artayasa and I Wayan, Swandi (2017) Kajian Konsep, Estetik dan Makna pada Ilustrasi Rangda Karya Monez. PRABANGKARA Jurnal Seni Rupa dan Desain, 21 (02). pp. 68-79. ISSN 1412-0380

[img] PDF (Kajian Konsep, Estetik dan Makna pada Ilustrasi Rangda Karya Monez)
Download (364kB)

Abstract

Dalam era postmodern, ilustrator cenderung mengedepankan kebebasan dalam mengekspresikan diri dalam berkarya, mereka cenderung tidak ingin terpaku pada suatu kaidah atau tatanan standar yang berlaku. Monez merupakan seorang ilustrator dengan pemikiran postmodern yang khas. Ilustrasi karya Monez kerap tampil dengan objek-objek fantasi yang dideformasi dari imajinasi atas bentuk atau peristiwa yang pernah dilihat maupun dialami sebelumnya. Gaya ilustrasi khas Monez cenderung menampilkan objek dengan wujud imajinatif dalam bentuk yang distorsi. Monez adalah cerminan seorang postmodernis dengan metode berpikir black box. Ilustrasi bertema rangda merupakan karya Monez yang sangat kental dengan nuansa postmodern. Ilustrasi yang diciptakan dengan 3 seri, pertama kali di publikasikan kepada publik pada Ajang Popcon Asia 2015 dalam media poster dan postcard. Pengaruh postmodern pada ilustrasi rangda, terlihat pada penggayaan-penggayaan yang diberikan pada unsur visualnya. Oleh karena itu, penelitian ini membantu menjelaskan permasalahan konsep, estetika dan makna ilustrasi rangda karya Monez sebagai sebuah karya seni berlatarbelakang postmodern. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data primer yang digunakan untuk menunjang penelitian ini diperoleh dari studi lapangan, wawancara dengan Monez sebagai informan utama. Untuk melengkapi data primer, peneliti memperoleh informasi berbagai sumber berupa buku, jurnal ilmiah, laporan penelitian, dan sumber kepustakaan lainnya. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teori ilustrasi, estetika postmodern dan teori dekonstruksi. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa ilustrasi rangda karya Monez menerapkan konsep imajinatif dalam penciptaannya. Konsep imajinatif diwujudkan melalui penggayaan berlebih pada visualisasi bentuk ilustrasinya. Idiom estetika yang terdapat didalamnya adalah idiom parodi, camp dan skizofrenia. Ilustrasi rangda karya Monez, tidak mempunyai makna yang tunggal, karena dalam ilustrasi tersebut telah terjadi permainan tanda yang membuat kerancuan dalam pemaknaannya. Kata Kunci: ilustrasi, postmodern, rangda, Monez Abstract In the postmodern era, illustrators don’t prioritize freedom in expressing themselves in the work, they do not want to be fixated on a standard rule or standard order. Monez is an illustrator with distinctive postmodern thought. The illustrations of Monez's work often come with fantasy objects deformed from imagination or forms never seen before. The typical illustration style Monez likes to display objects with imaginative shapes in distorted form. Monez is a reflection of a postmodernist with the think black box method. Rangda-themed illustrations are Monez's highly viscous work with postmodern nuances. Illustrations created with 3 series, first published to the public at Popcon Asia 2015 Event in posters and postcard media. Postmodern influences on illustrations rangda, seen in penggayaan-given on the visual element. Therefore, this study helps to explain the concept, aesthetic and meaning of illustrations rangda Monez works as a work of art postmodern background. This research is a qualitative research. The primary data used to support this research is the result of field studies, interviews with Monez as key informants. To complement the primary data, researchers obtained information on various sources of books, scientific journals, research reports, and other literary sources. The data obtained are then analyzed by illustration theory, postmodern aesthetic theory and deconstruktion theory. The result of this research is the illustration rangda by Monez applying imaginative concept in the making. The imaginative concept is manifested through excessive styling on the visualization of its illustrative form. The idiom aesthetic in this illustration is parody, camp and skizofrenia. In this illustration, there is no single meaning, because in it has been sign games that makes confusion in its meaning. Keywords: illustrations, postmodern, rangda, Monez

Item Type: Article
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Publication Unit > Journal > Prabangkara Journal
Depositing User: Mrs Dwi Gunawati
Date Deposited: 03 Nov 2017 03:27
Last Modified: 01 Oct 2019 01:33
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/2458

Actions (login required)

View Item View Item