I Gede, Mugi Raharja
(2014)
SEMIOTIKA DESAIN Sebuah Pengantar.
Semiotika Desain, 1
.
ISI Denpasar, FAKULTAS SENI RUPA DAN DESAIN ISI DENPASAR.
ISBN 978-602-98855-7-6
Abstract
Abstrak
Semiotika adalah ilmu atau metode analisis untuk mengkaji tanda. Tanda-tanda merupakan perangkat yang dipakai manusia dalam usaha mencari jalan di dunia ini, di tengah-tengah manusia dan bersama-sama manusia. Pada era global, masalah tanda-tanda sangat perlu dicermati, karena revolusi informatika dan komunikasi telah meruntuhkan sekat-sekat budaya antar bangsa dan negara. Kini, semiotika telah berkembang menjadi model pendekatan dalam berbagai disiplin keilmuan, seperti sosial, politik, media, seni, arsitektur, fashion, televisi, iklan, desain, budaya populer, budaya massa, budaya anak muda, dan subkultur. Pengkajian terhadap aspek komunikasi pada desain, merupakan upaya pengkajian desain berdasarkan teks visual yang mengandung unsur-unsur tanda. Melalui tanda-tanda yang mudah dikenali, produk tersebut akan mampu mengomunikasikan dirinya sendiri kepada pengguna desain atau masyarakat konsumen sebagai pengamat tanda. Oleh karena itu, pengetahuan tentang semiotika sangat diperlukan oleh seorang desainer. Dengan dapat dipahaminya teori tanda, seorang desainer akan mampu menciptakan karya desain yang dapat mengkomunikasikan karya desainnya melalui tanda-tanda, sebagai bahasa bentuk atau bahasa produk.
Kata Kunci: Global, Sekat budaya, Teks Visual, Bahasa Bentuk, Bahasa Produk
Actions (login required)
|
View Item |