ISI Denpasar | Institutional Repository

Konsep dan Prinsip Focal Point Pada Desain Game D’Kala

I Wayan , Adi Putra Yasa and I Nyoman , Artayasa and I Gede , Mugi Raharja (2018) Konsep dan Prinsip Focal Point Pada Desain Game D’Kala. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar Bali.

Full text not available from this repository.

Abstract

Game merupakan salah satu produk hasil integrasi antara seni dan teknologi di tengah berkembangnya industri kreatif saat ini. Pemikiran yang kreatif menjadi suatu konsep dasar untuk mengembangkan sebuah game, yaitu mulai dari ide, jenis permainan, alur permainan, dan visual game. Salah satu di antaranya ialah game D’Kala yang mengangkat budaya menjadi sebuah game puzzle. Hingga saat ini game D’Kala sudah diunduh lebih dari 10.000 pengguna android sejak awal perilisannya. Hal ini tidak terlepas dari desain game D’Kala sebagai elemen penting untuk menarik minat pemain. Perlu dilakukan pengamatan menganai konsep desain yang digunakan pada desain game D’Kala dan fokus utama yang ditonjolkan pada desain game D’Kala menggunakan prinsip focal point. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan interpretatif dalam analisis data. Data didapat dengan melakukan wawancara dengan informan, observasi, dan didukung oleh dokumen terkait. Data yang berhasil dikumpulkan dianalisis secara desktriptif kemudian diinterpretasikan. Untuk mengetahui konsep desain pada desain game D’Kala digunakan pendekatan teori representasi dan teori simulasi. Dipihak lain pada focal point desain game D’Kala digunakan pendekatan teori desain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) konsep desain game D’Kala yang terdiri dari desain background, karakter, user interface dan aset desain pendukung ialah konsep penyederhanaan. Hal ini tercermin atas desain yang digunakan mengalami penyederhanaan dari objek yang dimaksud sesungguhnya, (2) focal point atau pusat perhatian digunakan pada game D’Kala untuk menonjolkan budaya ogoh-ogoh kepada pemain, yaitu mulai proses pembuatan, menggotong, dan membakar ogoh-ogoh. Hal ini dilakukan melalui upaya menonjolkan objek dengan cara yang berbeda, yaitu berupa siluet dan animasi. Kata kunci: konsep, focal point, game D’Kala

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Postgraduate
Depositing User: Jaya Semadi I Gst Ngurah
Date Deposited: 26 Apr 2018 02:59
Last Modified: 26 Apr 2018 03:04
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/2626

Actions (login required)

View Item View Item