ISI Denpasar | Institutional Repository

Kajian Karya Tugas Akhir Video Pembelajaran Mahasiswa Prodi Pendidikan Sendratasik Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar

Heru, Dwi Purwanto and Rinto, Widyanto and NI Wayan, Mudiasih (2018) Kajian Karya Tugas Akhir Video Pembelajaran Mahasiswa Prodi Pendidikan Sendratasik Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar. Working Paper. ISI Denpsar, Denpasar, Bali.

[img] PDF (Kajian Karya Tugas Akhir Video Pembelajaran Mahasiswa Prodi Pendidikan Sendratasik Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar)
Download (230kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji manfaat hasil video pembelajaran serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam menghasilkan video pembelajaran pada karya tugas akhir mahasiswa sebagai muara pembelajaran berkaitan dengan teknologi, informasi, strategi dan proses pembelajaran. Kajian terhadap hasil karya Tugas Akhir berupa video pembelajaran mahasiswa Prodi Pendidikan Sendratasik lulusan tahun 2016 dan 2017 sebanyak 9 karya video pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang karya Tugas Akhir video pembelajaran mahasiswa Prodi Pendidikan Sendratasik Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar, manfaat dan faktor pendukung serta faktor penghambatnya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian dari sembilan karya video pembelajaran karya Tugas Akhir mahasiswa Prodi Pendidikan Sendratasik telah dinyatakan layak diuji dan dijadikan sebagai salah satu alat media dalam proses pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran seni budaya di SMP dan SMA. Hasil kajian para informan menyatakan media pembelajaran dalam bentuk DVD pembelajaran sangat diperlukan dalam dunia pendidikan berkaitan dengan perkembangan teknologi informasi untuk diting-katkan kuantitas dan kualitasnya. Faktor pendukung dalam pembuatan video pembelajaran terlebih dahulu harus menentukan materi yang belum ada, sehingga mahasiswa harus mengkaji dan mem-bandingkan materi drama, tari maupun musik. Dukungan terhadap Kurikulum pem-belajaran ditingkat program studi penting untuk diselaraskan dengan Kurikulum 2013 (K-13). Kendala proses pembuatan video pembelajaran yang dihadapi, yaitu minimnya pengetahuan mahasiswa tentang proses pembuatan video pembelajaran menuntut mahasiswa harus belajar mandiri. Mengenai faktor biaya pembuatan video pembelajaran masih tetap menjadi beban untuk menghasilkan kualitas video yang berkualitas. Faktor waktu juga menjadi penghambat dalam proses pembuatan video pembelajaran. Kata Kunci: Video, Pembelajaran, Manfaat, Pendukung dan Penghambat.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Performing Arts Faculty > Theatre Dance and Music
Depositing User: Jaya Semadi I Gst Ngurah
Date Deposited: 21 May 2018 02:13
Last Modified: 26 Apr 2021 02:40
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/2642

Actions (login required)

View Item View Item