ISI Denpasar | Institutional Repository

Studi Tentang Proses Pembelajaran Tari Gandrung Pada Kelas X IPA 4 Di SMA Negeri 1 Tanjung Lombok Utara

Ni Kadek, Laksmi Utari and I Gst Ngr, Seramasara and Ni Wy, Suratni (2018) Studi Tentang Proses Pembelajaran Tari Gandrung Pada Kelas X IPA 4 Di SMA Negeri 1 Tanjung Lombok Utara. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang proses pembelajaran tari Gandrung serta faktor yang mendukung dan yang menghambat dalam proses pembelajaran tari Gandrung pada kelas X IPA 4 di SMA Negeri 1 Tanjung, Lombok Utara. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran tari Gandrung, faktor pendukung dalam proses pembelajaran tari Gandrung dan faktor penghambat dalam proses pembelajaran tari Gandrung pada kelas X IPA 4 tersebut. Hasil penelitian ini bermanfaat sebagai referensi bagi pembaca atau peneliti dan dapat menambah wawasan generasi muda tentang tari yang ada di Lombok Utara. Teori yang digunakan untuk penunjang dalam pembahasan adalah teori proses, teori pembelajaran dan teori estetika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskritif kualitatif yang tidak menggunakan nilai namun berdasarkan fakta yang didapatkan langsung melalui obervasi dan wawancara. Proses pembelajaran tari Gandrung pada kelas X IPA di SMA Negeri 1 Tanjung, Lombo Utara sudah berjalan dengan baik karena peserta didik mampu menampilkan hasil yang diperoleh melalui pementasan. SMA Negeri 1 Tanjung, Lombok Utara adalah satu-satunya sekolah yang memberikan pembelajaran tentang praktek yang terkait dengan pembelajaran seni budaya yaitu seni tari dengan kemampuan guru yang memiliki kompetensi dibidang tari Bali dan pengalaman pernah menarikan tari Gandrung. Proses pembelajaran tari Gandrung ini dilakukan melalui 4 tahap yaitu tahap persiapan yang mencakup (tujuan pembelajaran, sumber pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, metode pembelejaran, pendidik atau guru dan peserta didik), tahap penyampaian (tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir), tahap latihan dan tahap tampilan. Faktor pendukung dalam proses pembelajaran tari Gandrung ini berupa faktor internal dan faktor eksternal dan faktor penghambat dalam proses pembelajaran tari Gandrung ini yaitu guru, siswa, sarana dan prasarana. Kata Kunci: Proses pembelajaran tari Gandrung , tehnik pembelajaran

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Performing Arts Faculty > Theatre Dance and Music
Depositing User: Jaya Semadi I Gst Ngurah
Date Deposited: 09 Jul 2018 02:34
Last Modified: 09 Jul 2018 02:40
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/2668

Actions (login required)

View Item View Item