ISI Denpasar | Institutional Repository

Pengembangan Video Pembelajaran Teknik Tembang Macapat Pada Ektrakurikuler Di SMP Dwijendra Denpasar

Ni Nyoman, Sri Anggarama Dewi and Ni Luh, Sustiawati and I Gede, Mawan (2018) Pengembangan Video Pembelajaran Teknik Tembang Macapat Pada Ektrakurikuler Di SMP Dwijendra Denpasar. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.

Full text not available from this repository.

Abstract

Video pembelajaran sebagai salah satu bentuk media pembelajaran sangat membantu tenaga pengajar dalam mencapai efektivitas pembelajaran khususnya pada pelajaran mayoritas praktek. mata pelajaran seni budaya, memberikan pengalaman estetik dalam bentuk kegiatan berekspresi, berkreasi dan berapresiasi melalui pendekatan tentang seni.Permasalahan di sekolah SMP Dwijendra Denpasar ini belum dilengkapi dengan media pembelajaran yaitu video teknik tembang macapat, oleh karena itu penelitian ini mempunyai tujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pembuatan video pembelajaran; (2) mendeskripsikan tanggapan ahli isi, ahli media dan guru mata pelajaran terhadap video pembelajaran; (3) mendeskripsikan hasil validasi video pembelajaran melalui uji perorangan; (4) mendeskripsikan hasil validasi video pembelajaran melalui uji kelompok kecil. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D) untuk menghasilkan video pembelajaran teknik tembang macapat. Proses pembuatan video pembelajaran teknik tembang macapat melalui tiga tahap (1) tahap pra pengembangan; (2) tahap pengembangan produk; (3) tahap pengembangan. instrumen pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) yang dilengkapi dengan komentar dan saran dari subjek uji coba. Teknik analisis data yang digunakan adalah penilaian secara kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan Penyekoran sedangkan data berupa komentar dan saran dianalisis secara kualitatif. Proses pengembangan video pembelajaran teknik tembang macapat diawali dengan deskripsi teknik tembang macapat, yaitu Secara harafiah kata tembang berarti lagu (Warna, 1978:579). Lagu merupakan perwujudan rasa indah seseorang dalam jalinan melodi, ritme dan harmoni yang menggunakan laras pelog dan slendro. Hasil uji ahli seni tari, ahli media, dan guru tembang terhadap VCD pembelajaran teknik tembang macapat dan uji coba pada para siswa VIII dan IX SMP Dwijendra Denpasar menunjukan bahwa video pembelajaran teknik tembang macapat sangat layak dan tidak perlu direvisi. Kata Kunci: Pengembangan, video pembelajaran, tembang macapat

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Performing Arts Faculty > Theatre Dance and Music
Depositing User: Jaya Semadi I Gst Ngurah
Date Deposited: 25 Jul 2018 03:57
Last Modified: 25 Jul 2018 03:57
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/2720

Actions (login required)

View Item View Item