ISI Denpasar | Institutional Repository

Proses Pembelajaran Tari Sekar Jagat Di SMP Negeri 1 Baturiti Tabanan

Putu, Yeni Oktaviani and NI Wayan, Mudiasih and Rinto, Widyarto (2018) Proses Pembelajaran Tari Sekar Jagat Di SMP Negeri 1 Baturiti Tabanan. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif 2 (dua) aspek pembelajaran yakni: proses pembelajaran dan faktor yang mendukung dan menghambat proses pembelajaran tari Sekar Jagat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori pembelajaran, teori estetika, teori motivasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, studi perpustakaan, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini diperoleh dari data dilapangan (data primer) dan data skunder dari buku-buku atau studi kepustakaan. Tari Sekar Jagat diciptakan oleh Dr. N.L.N Swasthi Widjaja Bandem, SST, M.Hum., ketika Yayasan Wastra Prema meminta beliau untuk menampilkan sebuah tari penyambutan untuk pembukaan pameran Wastra Bali di Jakarta yang dibuka oleh Ibu Tien Soeharto pada tahun 1993. Penciptaan tari Sekar Jagat ini terinspirasi oleh tarian Rejang di Karangasem yang kemudian dikembangkan dalam sebuah komposisi tari Sekar Jagat. Fungsi tari Sekar Jagat adalah sebagai hiburan. Iringan tari Sekar Jagat yaitu menggunakan iringan gambelan Gong Kebyar yang diciptakan oleh I Nyoman Windha. Proses pembelajaran tari Sekar Jagat di SMP Negeri 1 Baturiti Tabanan, menggunakan 4 (empat) yaitu: tahap persiapan (preparation), tahap penyampaian (presentation), tahap latihan (practice), tahap penampilan (performance). Faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran tari Sekar jagat ada 2 (dua) faktor yaitu faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran. Faktor yang mendukung proses pembelajaran juga ada 2 (dua) faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi: faktor siswa yang mencangkup tingkat kecerdasan (tingkat intelegensi siswa) sikap siswa, bakat siswa. Sedangkan faktor eksternal meliputi kegiatan peserta didik dalam masyarakat,bakat siswa dan minat siswa. Faktor yang menghambat pembelajaran ada 2 (dua) faktor internal yaitu faktor siswa. Sedangkan faktor eksternal yaitu faktor guru, sarana dan prasarana dan faktor waktu.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Performing Arts Faculty > Theatre Dance and Music
Depositing User: Jaya Semadi I Gst Ngurah
Date Deposited: 21 Aug 2018 01:08
Last Modified: 21 Aug 2018 01:08
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/2744

Actions (login required)

View Item View Item