ISI Denpasar | Institutional Repository

Transformasi Pupuh Ke Dalam Tubuh

Ni Putu, Tina Ratna Puspa Dewi and A. A. Ayu, Mayun Artati and Ni Nyoman, Mulyati (2018) Transformasi Pupuh Ke Dalam Tubuh. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tari Linggar Petak merupakan sebuah garapan yang terinspirasi dari pupuh Ginada Linggar Petak, namun hanya mengedepankan padalingsa (aturan-aturan) yang terdapat dalam pupuh tersebut. Karya ini berbentuk trio, yaitu ditarikan oleh tiga orang penari wanita yang mampu dan wajib menguasai olah vokal. Karya ini juga berpijak pada gerak-gerak kesenian tradisi, yaitu Dramatari Arja antara lain adalah igel langse, tanjek kado, pejalan Condong, pejalan Galuh, milpil yang kemudian dikembangkan dan terdapat beberapa pengolahan gerak lainnya sesuai eksplorasi dan imajinasi penata. Begitu juga dengan tata busana, dalam karya ini menggunakan kamen yang cara penggunaannya seperti sarung, namun jika sudah terpakai akan terlihat seperti kamen pada biasanya, selain itu terdapat ankin, lamak (penggunaan lamak terinspirasi dari lamak Condong dalam tokoh Arja), tutup dada, dan gelang. Begitu juga halnya dengan musik iringan, menggunakan barungan gamelan baru yang memiliki instrumentasi yang dapat dikatakan hampir sama dengan barungan gamelan yang ada di Bali, tetapi dilakukan pengembangan dalam jumlah nada dalam satu tungguh. Karya ini memiliki struktur yang di dalamnya menyimbolkan padalingsa dari pupuh Ginada yang terdiri dari 8a, 8i, 8a, 8u, 8a, 4i, 8a dan akan dilakukan pengolahan elemen gerak yang berpatokan pada jumlah suku kata dari setiap baris dalam satu bait pupuh. Misalnya pada aturan 8a, akan dilakukan pengolahan gerak yang menyimbolkan 8a, kemudian pada aturan 8i terdapat pola gerak baru, dan seterusnya. Dari ketujuh aturan tersebut, terdapat empat pola gerak yang berbeda yang akan dituangkan ke dalam garapan yaitu pola gerak dari aturan 8a, 8i, 8u, dan 4i. Kemudian gerak-gerak tersebut dirangkai menjadi pola gerak terstruktur. Pada proses penciptaan karya Linggar Petak dilalui beberapa tahapan, diantaranya adalah tahap penjajagan, tahap percobaan, dan tahap pembentukan. Namun terdapat beberapa kesulitan yang dialami, yakni dalam perbendaharaan gerak, mengatur jadwal latihan, dan mengakhiri sebuah karya yaitu proses pada bagian penutup dalam sebuah karya. Tetapi melalui tiga tahapan ini, akhirnya dapat terwujud karya tari Linggar Petak

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Performing Arts Faculty > Dance Department
Depositing User: Jaya Semadi I Gst Ngurah
Date Deposited: 03 Dec 2018 03:36
Last Modified: 03 Dec 2018 03:36
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/2941

Actions (login required)

View Item View Item