ISI Denpasar | Institutional Repository

Kajian Karya Tugas Akhir Studi Proses Pembelajaran Mhahasiswa Prodi Pendidikan Sendratasik Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar

Putu, Maytha Kusuma Dewi and I Gede, Mawan and Rinto, Widyarto (2018) Kajian Karya Tugas Akhir Studi Proses Pembelajaran Mhahasiswa Prodi Pendidikan Sendratasik Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Denpasar merupakan sekolah menengah kejuruan seni yang ada di Denpasar dan telah banyak melahirkan generasi penerus seniman-seniman muda. Jurusan yang ada di SMK Negeri 5 Denpasar dan yang paling diminati adalah jurusan seni tari. Proses pembelajaran tari yang diajarkan di kelas XI berupa tari Cendrawasih, tari Legong, tari Jauk dan tari Tarunajaya. Tari Tarunajaya merupakan salah satu tarian yang diajarkan karena dirasa sudah tepat untuk kelas XI yang sedang menginjak dewasa dan sangat energik. Rumusan masalah penelitian ini, adalah mengenai proses pembelajaran tari Tarunajaya, metode yang digunakan dalam proses pembelajaran tari Tarunajaya, serta faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran tari Tarunajaya pada siswa kelas XI di SMK Negeri 5 Denpasar. Tujuan penelitiannya adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran, mendeskripsikan metode yang digunakan serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran tari Tarunajaya. Landasan teori yang digunakan berupa teori proses pembelajaran, dan teori estetika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik yang digunakan untuk mengum-pulkan data adalah observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini berupa data primer dan sekunder dari buku-buku atau studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran tari Tarunajaya pada siswa kelas XI di SMK Negeri 5 Denpasar menggunakan 4 (empat) tahapan yaitu: tahap persiapan (preparation), tahap penyampaian (presentation), tahap pelatihan (practice) dan tahap penampilan hasil (Performance). Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran tari Tarunajaya berupa metode ceramah, metode demonstrasi, metode imitasi (meniru), metode tutor sebaya dan metode tanya jawab. Faktor pendukung proses pembelajaran dibagi menjadi 2 (dua) yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internalnya meliputi faktor minat, faktor bakat, faktor kesiapan. Sedangkan faktor eksternalnya meliputi faktor relasi guru dengan siswa serta sarana dan prasarana. Faktor penghambat pembelajaran juga dibagi menjadi 2 (dua) yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internalnya meliputi Faktor disiplin siswa, dan faktor eksternalnya meliputi faktor kegiatan sekolah. Kata Kunci: Pembelajaran, tahapan dan tari Tarunajaya

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Performing Arts Faculty > Theatre Dance and Music
Depositing User: Jaya Semadi I Gst Ngurah
Date Deposited: 31 Jan 2019 06:36
Last Modified: 31 Jan 2019 06:36
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/3060

Actions (login required)

View Item View Item