ISI Denpasar | Institutional Repository

Pengembangan Video Pembelajaran Tari Panji Semirang di SMK Negeri 3 Sukawati, Gianyar

I Gst A.A, Diah Yunika .A and Ni Luh, Sustiawati and Ni Wayan, Iriani (2018) Pengembangan Video Pembelajaran Tari Panji Semirang di SMK Negeri 3 Sukawati, Gianyar. Working Paper. ISI Denpasar, Denpasar, Bali.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu jenis tari putra halus yang menjadi materi pelajaran di SMK Negeri 3 Sukawati adalah tari Panji Semirang yang diciptakan oleh I Nyoman Kaler pada tahun 1942. Sampai saat ini tari Panji Semirang diminati siswa dan masyarakatdan sering menjadi materi lomba tari Bali,alasannya karena struktur tarinya sederhana, geraknya tidak rumit, pembendaharaan geraknya tidak banyak (geraknya diulang-ulang). Berdasarkan hasil pengamatan peneliti disekolah-sekolah, sanggar-sanggar dan juga di SMK Negeri 3 Sukawati proses pembelajaran tari Panji Semirang menggunakan metode demonstrasi dan ceramah tanpa dilengkapi video pembelajaran. Tujuan penelitian pengembangan ini (1) Mendeskripsikan proses pembuatan video pembelajaran tari Panji Semirang; (2) Mendeskripsikan hasil validasi ahli seni tari, ahli media, dan guru seni tari terhadap video pembelajaran tari Panji Semirang; (3) Mendeskripsikan validasi siswa dalam uji coba perorangan terhadap video pembelajaran tari Panji Semirang pada siswa SMK Negeri 3 Sukawati, (4) Mendeskripsikan validasi siswa dalam uji coba kelompok kecil terhadap video pembelajaran tari Panji Semirang pada siswa SMK Negeri 3 Sukawati. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dan proses penelitiannnya melalui (1) tahap pra pengembangan, (2) tahap pengembangan, (3) tahap pasca pengembangan. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) yang dilengkapi dengan komentar dan saran dari subyek uji coba. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif di analisis dengan menggunakan penyekoran, sedangkan data berupa komentar dan saran dianalisis secara kualitatif. Hasil penilaian uji ahli tari, ahli media dan guru seni tari terhadap video pembelajaran tari Panji Semirang ada dalam kategori sangat layak dan tidak perlu direvisi. Hasil uji coba perorangan dan kelompok kecil terhadap video pembelajaran tari Panji Semirang pada siswa SMK Negeri 3 Sukawati menunjukan bahwa video pembelajaran tari Panji Semirang sang layak dan tidak perlu direvisi. Kata kunci : Pengembangan, video pembelajaran, tari Panji Semirang.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Faculty > Performing Arts Faculty > Theatre Dance and Music
Depositing User: Jaya Semadi I Gst Ngurah
Date Deposited: 08 Apr 2019 02:51
Last Modified: 08 Apr 2019 02:51
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/3130

Actions (login required)

View Item View Item