ISI Denpasar | Institutional Repository

Kajian Ikonografi Pada Seni Lukis T-Shirt Tema Rangda Karya I Nyoman Ngurah Ardika Yasa

I Wayan, Swandi and Arya Pageh, Wibawa and I Gusti Ngurah Agung, Mahaputra (2019) Kajian Ikonografi Pada Seni Lukis T-Shirt Tema Rangda Karya I Nyoman Ngurah Ardika Yasa. MUDRA Jurnal Seni Budaya, 34 (02). pp. 213-222. ISSN P- ISSN 0854-3461, E-ISSN 2541-0407

[img] PDF (Kajian Ikonografi Pada Seni Lukis T-Shirt Tema Rangda Karya I Nyoman Ngurah Ardika Yasa)
Download (1MB)

Abstract

Bali telah dikenal memiliki banyak bentuk seni. Salah satunya adalah seni lukis. Seni Lukis di Bali telah dikenal cukup lama. Seiring perjalanan waktu, terjadi perubahan dengan kedatangan bangsa Barat yang mempengaruhi gaya lukis Bali. Selanjutnya, media juga memberikan pengaruh yang sangat besar dalam seni lukis di Bali, salah satunya adalah t-shirt. Salah satu seniman lukis t-shirt yang cukup dikenal oleh anak muda Bali yaitu I Nyoman Ngurah Ardika Yasa. Pada karyanya yang bertema “Rangda”, salah satu dari banyak karya yang telah dibuat cukup menarik untuk dilakukan penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ikonografi Erwin Panofsky. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna karya seni lukis t-shirt seniman I Nyoman Ngurah Ardika yang bertemakan rangda.Tahap pra-ikonografi, ilustrasi yang digambarkan merupakan sebuah komunikasi bahwa rangda merupakan sosok yang akan membawa kematian bagi manusia. Pada tahapan analisis ikonografi digunakan teori Roland Barthes untuk mengungkap lambang yang ada pada karya tersebut. Mitos yang hadir sebagai petanda dalam karya selanjutnya dihubungkan dengan tema dan konsep yang tersirat. “Rangda” telah menjadi mitos yang ada pada masyarakat Bali. Analisis interpretasi ikonologis, Ilustrasi rangda karya I Nyoman Ngurah Ardika Yasa diciptakan tidak dengan mengedepankan nilai keindahan secara konvensional, namun berdasarkan imajinasi atas rasa dan pengalaman estetis yang diterima pada masa yang lalu. Pada karyanya wujud rangda digambarkan dengan penggayaan bentuk melalui penyederhaan dan deformasi bentuk, sehingga karakter rangda terlihat berbeda dengan wujud rangda secara tradisi. Sehingga dapat dikatakan bahwa ilustrasi rangda ini mengikuti gaya postmodern champ yaitu menolak keotentikan atau keorisinilan untuk tujuan dan kepentingannya sendiri. Kata kunci : rangda, ikonografi, erwin panofsky, t-shirt painting, i nyoman ngurah ardika yasa Research Of Arts Painting On T-Shirt With Theme Of Rangda Working By Artist I Nyoman Ngurah Ardika Yasa Using Iconography Bali has had many forms of art. One of them is painting. Balinese Painting has been known for a long time. Over time though, they changed when The westerners were arriving that influenced the style of Balinese painting. Furthermore, the media also gave a huge influence in Balinese painting, one of them was a t-shirt. One of the t-shirt painting artists is known by young Balinese, I Nyoman Ngurah Ardika Yasa. In his work entitled “Rangda”, one of his works has been made, is interesting enough to do research. The method of this research is the iconographic method of Erwin Panofsky. The purpose of this study was to find out the meaning of t-shirt painting of I Nyoman Ngurah Ardika Yasa with the theme of rangda. In the pre-iconography stage, the illustration is depicted revealing a communication that Rangda is a person who would bring death to humans. At the stage of iconographic analysis, Roland Barthes’s theory was used to reveal the symbols in the work. The myths that are present as markers in the work are then related to the implicit themes and concepts. “Rangda” has become a myth that exists in Balinese society. Analysis of iconological interpretations, I Nyoman Ngurah Ardika Yasa’s illustration of rangda were not created with prioritizing the value of beauty in a conventional way, but it based on imagination over the aesthetic taste and experience that had received in the past. In his work, the rangda is depicted in the form of simplification and deformation, so that the character of Rangda looks different from the traditional form. So, it can be said that the illustration of Rangda following a postmodern style is a champ that rejects authenticity for its own purposes and interests. Keywords: rangda, iconography, erwin panofsky, t-shirt painting, i nyoman ngurah ardika yasa

Item Type: Article
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Publication Unit > Journal > Mudra Journal
Depositing User: Jaya Semadi I Gst Ngurah
Date Deposited: 01 Oct 2019 05:59
Last Modified: 01 Oct 2019 05:59
URI: http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/3397

Actions (login required)

View Item View Item