A. A. Gde, Bagus Udayana and Ida Bagus Ketut, Trinawindu and Cokorda, Alit Artawan and I Nyoman, Artayasa and I Putu, Arya Janottama and Wahyu, Indira and I Gusti Ngurah, Wirawan and I Ketut, Muka Pendet and I Made, Suparta and I Nyoman, Laba and I Nyoman, Suardina and A.A Gede, Rai Remawa and Nyoman, Lia Susanthi (2019) BRANDING GIANYAR KABUPATEN KREATIF. Pusat Penerbitan LP2MPP Institut Seni Indonesia Denpasar bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gianyar. ISBN 978-623-92503-5-5
PDF (BRANDING GIANYAR KABUPATEN KREATIF)
Download (56MB) |
Abstract
Om Swastiastu, Puji syukur yang tidak terhingga saya panjatkan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, karena atas berkat rahmat-Nya penyusunan “Buku Branding Gianyar Kabupaten Kreatif” ini akhirnya bisa diselesaikan sesuai rencana. Kegiatan branding sangat membutuhkan sebuah logo untuk menjadi wadah dalam melakukan komunikasi pemasaran. Logo dapat dijadikan acuan untuk dapat menampilkan image dalam menyampaikan branding. Seperti halnya branding Kabupaten Gianyar, sebuah logo tentu akan menjadi pembeda dari kabupaten-kabupaten yang ada di Bali maupun di Indonesia. Dalam hal ini logo sangatlah berperanan penting untuk dapat digunakan dalam kegiatan branding yang juga merupakan branding yang pertama bagi Kabupaten Gianyar setelah mendapatkan perhargaan kabupaten kreatif oleh Bekraf. Kegiatan branding ini dilakukan untuk dapat merangkul target audiens, sehingga Gianyar dianggap target yang tepat sebagai suatu pilihan. Menciptakan sebuah brand adalah lebih ke arah ingin tampil berbeda dari daerah yang lain dengan memanfaatkan keunikan yang dimiliki oleh Kabupaten Gianyar, dengan menampilkan keunikan dalam sebuah brand maka kabupaten Gianyar akan terangkat citranya dengan mengungkap kenyataan yang ada di tempat tersebut. Hal ini senada dengan pendapat Rustan (2009: 16) bahwa branding adalah kegiatan membangun sebuah brand. Membuat identitas, termasuk logo, merupakan salah satu kegiatan branding. Kabupaten Gianyar pada tahun 2019 mendapatkan penghargaan oleh Bekraf sebagai Kabupaten Kreatif dalam bidang seni pertunjukan sub sektor kuliner dan kriya. Didasarkan hal tersebut, kabupaten Gianyar akan ditambah Ka Ta kreatif sebagai konsep daripada pembuatan logo branding. Pemilihan konsep Gianyar kreatif dalam logo dikarenakan kabupaten Gianyar berkeinginan bahwa masyarakat luas mengetahui bahwa Gianyar merupakan bagian dari 10 kota/kabupaten yang dinobatkan sebagai kabupaten/kota kreatif. Dengan menampilkan tipografi Gianyar kreatif yang dipadukan ilustrasi legong sebagai bagian dari logo menjadikan ikon kabupaten Gianyar yang sejalan dengan tujuan dilakukannya branding kabupaten Gianyar melalui buku ini. Pembuatan buku ini merupakan bagian dari kegiatan branding Kabupaten Gianyar untuk mengkomunikasikan program-program kegiatan yang dilakukan dibidang kreatif. Buku ini akan menjelaskan bagaimana branding Gianyar kabupaten kreatif dibuat yang didasari kajian ilmiah baik melalui studi kepustakaan dan wawancara mendalam dengan beberapa narasumber sehingga menghasilkan karya desain logo branding Gianyar kabupaten kreatif yang dapat dipergunakan untuk kebutuhan promosi Kabupaten Gianyar melalui kegiatan branding. Om Santih, Santih, Santih, Om Gianyar, 2019 Tim Penyusun
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Document |
Depositing User: | Jaya Semadi I Gst Ngurah |
Date Deposited: | 09 Apr 2021 05:24 |
Last Modified: | 09 Apr 2021 05:24 |
URI: | http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/4065 |
Actions (login required)
View Item |