A.A Gde Bagus, Udayana and I Nengah, Sudika Negara and Ni Made, Purnami Utami and Made, Gana Hartadi (2021) PERANCANGAN LOGO PT. BPR BANK DAERAH BANGLI (PERSERODA). Pusat Penerbitan LP2MPP Institut Seni Indonesia Denpasar bekerjasama dengan PT. BPR Bank Daerah Bangli (Perseroda). ISBN 978-623-95150-8-9
PDF (PERANCANGAN LOGO PT. BPR BANK DAERAH BANGLI (PERSERODA))
Download (9MB) |
Abstract
PRAKATA Om Swastyastu, Puja dan puji syukur kami panjatkan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat-Nya pembuatan desain logo PT. BPR Bank Daerah Bangli (Perseroda) serta kajian akademisnya, dapat kita laksanakan dan diselesaikan dengan tepat waktu. Sebuah perusahaan dalam hal ini bank di daerah, dalam membangun identitas diri dapat dimulai dari membangun identitas visual perusahaan tersebut. Proses pembentukan sebuah identitas visual perusahaan yang dapat digunakan sebagai suatu yang utama dalam melakukan kegiatan promosi. Mempromosikan identitas visual akan dapat memberikan hal yang berbeda dari perusahaan-perusahaan sejenisnya. Identitas visual dapat berupa simbol, lambang, logo, nama entitas, atau sesuatu yang dapat sebagai pembeda dengan yang lainnya. Pembentukan identitas visual (logo) sebuah perusahaan bank daerah merupakan hal yang penting, maka logo harus bersifat unik, yang dapat digali dari potensi daerah yang dimiliki, ditentukan, dimanfaatkan atau dikelola dengan baik. Jadi perusahaan yang memiliki identitas visual (logo) perusahaan, yang mampu memberikan ciri khas yang unik dari perusahaan tersebut, hal itu juga dapat digunakan sebagai pembeda dari perusahaan-perusahaan lainnya. Jadi dalam membentuk identitas visual perusahaan bank daerah diperlukan membangun sebuah logo yang terdiri dari logotype atau logogram bisa juga campuran antara logotype dan logogram, kesemuanya itu merupakan bagian dari pembentukan identitas visual. PT. BPR Bank Daerah Bangli (Perseroda), agar dapat menjalankan visi dan misinya dibutuhkan identitas visual agar dapat dikenal oleh masyarakat. Salah satu yang penting menjadi identitas suatu perusahaan adalah logo. Logo mempunyai peranan penting bagi sebuah perusahaan yang bergerak dalam bisnis. Logo bisa berbentuk gambar atau huruf dengan arti tertentu dan mewakili suatu arti dari perusahaan, produk, dan hal-hal lain yang dianggap membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah untuk diingat sebagai pengganti merek atau nama sebenarnya. PT. BPR Bank Daerah Bangli (Perseroda), sedang menyusun perancangan logo yang dapat menjadi identitas yang unik, serta mewakili karakter, visi dan misinya. Adapun visinya: mewujudkan pelayanan prima melalui sumber daya manusia yang profesional dengan memanfaatkan informasi dan teknologi. Misinya: memberikan jasa perbankkan yang dibutuhkan usaha mikro, kecil dan menengah serta pegawai negeri/swasta guna memberikan manfaat dan peningkatan kesejahteraan bersama. Buku ini akan menjelaskan bagaimana proses pembuatan desain logo PT. BPR Bank Daerah Bangli (Perseroda) dalam merancang logo, dan tulisan sebagai identitas PT. BPR Bank Daerah Bangli (Perseroda) serta kajian akademis desain logo dan tulisan untuk nama PT. BPR Bank Daerah Bangli (Perseroda), akan dapat digunakan dasar dari logo yang dirancang sehingga dapat digunakan sebagai alat promosi dan meningkatkan daya tarik visual. Adapun target atau sasaran dari kegiatan ini adalah dokumen berupa kajian akademis yang memuat tentang logo dan tulisan yang direncanakan oleh PT. BPR Bank Daerah Bangli (Perseroda). Metode yang digunakan dalam penyusunan desain logo dan tulisan PT BPR Bank Daerah Bangli (Perseroda) adalah studi kepustakaan dan group discussion. Studi kepustakaan, yaitu melakukan telaah terhadap berbagai sumber kepustakaan yang berkaitan dengan desain logo dan tulisan yang bersumber dari buku-buku tentang desain logo, dari literatur yang disediakan di internet dan lain sebagainya. Group discussion adalah studi yang dilakukan dengan melakukan diskusi dengan para ahli dan pihak yang begerak di bidang desain logo. Studi ini bertujuan untuk menggali informasi yang sebesar-besarnya untuk mewujudkan tujuan dan sasaran pembuatan desain logo dan tulisan PT. BPR Bank Daerah Bangli (Perseroda). Pengumpulan data dengan melakukan pencatatan peristiwa-peristiwa atau hal-hal atau keterangan-keterangan atau karakteristik sebagian atau seluruh elemen populasi yang akan menunjang atau mendukung kegiatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) Wawancara melalui proses tanya jawab dalam penelitian yang berlangsung secara lisan oleh dua pihak, yaitu pewawancara yang mengajukan pertanyaan dan yang diwawancarai yang memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut. Wawancara dalam penelitian ini adalah wawancara berstruktur dengan menggunakan daftar panduan wawancara. 2) Observasi dengan melakukan pengumpulan data yang dilakukan dengan mengamati dan mencatat secara sistematik gejala gejala yang diselidiki, atau pengamatan dan pencatatan dengan sistematik fenomena-fenomena yang diteliti. Observasi dalam penelitian adalah untuk mengadakan pengamatan secara langsung kondisi dan prasarana yang ada dalam mendukung perusahaan sehingga diperoleh gambaran yang jelas antara realita dengan informasi yang diperoleh dari pihak lain. 3) Dokumentasi merupakan bagian yang penting dalam kegiatan pengumpulan data. Sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban atas kekayaan sumber, dokumentasi dapat digunakan untuk pengujian, penafsiran, atau peramalan. Dalam hal ini, contoh dokumentasi penelitian berupa foto-foto lapangan. Sehingga menghasilkan karya desain logo PT. BPR Bank daerah Bangli (Perseroda) serta aplikasinya ke dalam media komunikasi visual yang dapat dipergunakan untuk kebutuhan promosi. Om Shanti, Shanti, Shanti, Om. Denpasar, 2021 Tim Penyusun
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Document |
Depositing User: | Jaya Semadi I Gst Ngurah |
Date Deposited: | 11 Apr 2021 13:37 |
Last Modified: | 11 Apr 2021 13:37 |
URI: | http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/4068 |
Actions (login required)
View Item |